Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

“Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas penghargaan ini, karena ini membuktikan bahwa pencapaian kita dalam mendaftarkan masyarakat berobat secara gratis dan menjamin kesehatan masyarakat,” kata Bupati Balangan Abdul Hadi kepada awak media di Balangan, Sabtu.

Abdul Hadi menuturkan penghargaan ini menjadi dorongan dan motivasi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat, dan menjaga program UHC di Kabupaten Balangan terus berlanjut.

Selain itu bupati juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Barabai serta pemangku kepentingan terkait yang telah bekerja keras agar masyarakat Kabupaten Balangan terjamin ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sementara itu Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Barabai Muhammad Masrur Ridwan memberikan pujian kepada Pemerintah Kabupaten Balangan atas penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024.

“Kami sangat mengapresiasi Pemkab Balangan serta seluruh pihak terkait yang telah bahu-membahu menyukseskan penyelenggaraan Program JKN bagi masyarakat,” kata Masrur.

Menurut Masrur upaya-upaya Pemkab Balangan beserta seluruh pihak termasuk BPJS Kesehatan yang sangat luar biasa ini telah mampu mewujudkan jaminan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh warga Kabupaten Balangan. 

Masrur menyebutkan hal ini menunjukkan komitmen luar biasa dari seluruh jajaran Pemkab Balangan di bawah arahan kepala daerah, yang mampu memberikan perlindungan dari rasa takut untuk berobat maupun rasa takut akan biaya berobat karena telah mampu mendaftarkan hampir seluruh warganya sebagai peserta Program JKN.

Diketahui hingga saat ini seluruh Kabupaten yang berada di wilayah kerja Kantor Cabang Barabai telah memperoleh predikat UHC, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Tabalong.

Adapun berdasarkan data Business intelligence BPJS Kesehatan, rata-rata capaian UHC di enam kabupaten tersebut menyentuh angka 99% yang artinya sudah 99% penduduk di wilayah banua enam terdaftar sebagai peserta Program JKN.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024