Sebagian besar masyarakat di Desa Batulicin Irigasi sangat terbantu program Kantor Polisi Keliling Humanis atau Kopi Manis yang digagas Polres Tanah Bumbu jajaran Polda Kalimantan Selatan.

"Melalui program itu, banyak layanan yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis tanpa harus datang ke kantor kepolisian atau dinas terkait untuk mengurus administrasi kepolisian dan lain sebagainya," kata salah satu warga Desa Batulicin Irigasi Dewi Eko Wulandari di Batulicin, Kamis.

Dewi mengaku sempat memanfaatkan layanan samsat keliling yang dilaksanakan di Lapangan SDN Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang melalui program Kopi Manis.

Saat pengunjung menyerahkan berkas untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, petugas langsung memproses tanpa harus menunggu lama.

Bahkan dalam hitungan menit, bukti pembayaran pajak langsung dicetak kemudian diserahkan kepada pemohon.

"Program ini sangat membantu masyarakat yang jauh dari perkotaan, kami berharap layanan ini terus berlanjut meskipun pimpinan di Polres Tanah Bumbu berganti," ujar Dewi.

Sementara itu, Wakil Kapolres Tanah Bumbu Kompol Sofyan menjelaskan inovasi tersebut merupakan program unggulan yang digagas Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya.

"Di dalamnya terdapat beberapa layanan dengan melibatkan instansi terkait seperti Dinas Pendapatan Provinsi, Yayasan Laziz Assalam Fil Alamin Kalimantan Selatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Kesehatan Tanah Bumbu," ucap Sofyan.

Dikatakan Sofyan, semua terlibat melayani masyarakat sesuai bidangnya, seperti layanan terpadu meliputi layanan laporan pengaduan dan kehilangan, samsat keliling, SKCK, laporan pengaduan Propam, dan layanan SIM.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Disdukcapil) melayani administrasi Kartu Keluarga (KK), KIA, akta kelahiran, KTP, identitas kependudukan digital dan konsultasi administrasi kependudukan.

Dinas Kesehatan melalui Puskesmas setempat melayani pengecekan kesehatan, jaminan dan skrining kesehatan secara gratis.

Selain itu, terdapat program bakti religi dan bakti sosial, Polres Tanah Bumbu juga membantu fakir miskin dengan menyalurkan 150 paket kebutuhan pokok.

"Program ini sudah dilaksanakan di dua kecamatan, yang pertama di Kecamatan Mentewe dan kedua di Kecamatan Karang Bintang. Selanjutnya akan kami jadwalkan di kecamatan lain dengan memprioritaskan daerah yang cukup jauh dari perkotaan," tutup Sofyan.
Tenaga Kesehatan dari Kepolisian saat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada salah satu warga Desa Irigasi Batulicin melalui Program Kopi Manis yang dilaksanakan di Kecamatan Karang Bintang Kamis. (8/8/2024) (ANTARA/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024