Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Ahmad Yamini mengatakan, Jambore Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) daerah  bertujuan untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), kinerja dan peningkatan kemampuan pilar sosial.

"Jambore Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) ini kita laksanakan dari tanggal 2 sampai 3 Agustus 2024 di Kiram Park Kabupaten Banjar," ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Laut Ahmad Yamini, Selasa.

Tujuan lainnya dari kegiatan tersebut, ucap dia, untuk pemantapan dan konsolidasi pilar sosial sebagai mitra pemerintah daerah guna membantu mewujudkan pembangunan daerah dan nasional.

Jambore PSKS, menurut dia, mendorong kesejahteraan sosial masyarakat,  mengasah kepekaan sosial dan menumbuhkan rasa kepedulian kepada sesama dan pemahaman kesetiakawanan sosial menjadi modal dalam melaksanakan tugas-tugas lapangan, khususnya di Kabupaten Tanah Laut.

Bahkan, sebut dia, untuk menjalin dan mempererat tali silaturrahmi dan persaudaraan sesama pilar sosial di Kabupaten Tanah Laut.

Dijelaskannya, Jambore PSKS se- Kabupaten Tanah Laut Tahun 2024 mengambil tema, Terus Mengabdi Untuk Kesejahteraan Sosial.

Untuk peserta jambore kali ini, terang dia, berasal dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas), Karang Taruna Tingkat Kecamatan, Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), Pekerja Sosial Kabupaten, Pendamping Sosial Kabupaten, Fungsional Sosial dan Official Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut.

Dia berharap, pilar sosial  mampu memberikan dukungan dan kontribusi nyata kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Tanah Laut. 

"Sebagai ujung tombak penyelenggara kesejahteraan sosial, pilar sosial juga harus menjaga kekompakan dan berkoordinasi," pintanya.

Kemudian, papar dia, sebagai pilar kesejahteraan sosial juga diharapkan tetap menjaga kekompakan dalam berkoordinasi, sehingga pilar-pilar sosial tetap solid.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024