Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) pada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro RI mendorong Koperasi Borneo Jaya Mandiri Bersama binaan PT Borneo Indobara (BIB) di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, untuk mengembangkan potensi bisnis pada koperasi itu.

Direktur Utama LPDB Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro RI Supomo, di Batulicin Sabtu mengatakan, beberapa hari yang lalu tim dari LPDB berkunjung ke PT BIB dan Koperasi Borneo Jaya Mandiri Bersama untuk melakukan kerjasama investasi modal.

"Ada tujuh unit bisnis yang kami kunjungi diantaranya suwara cafe, beeresto, on point grafis, beemart, beedelivery di UMKM Center Kecamatan Angsana," kata Supomo.

Supomo juga meninjau pabrik pakan ternak, rumpon ikan, budidaya magot, budidaya bebek, demplot pertanian, perikanan dan peternakan di Desa Sebamban Lama.

Menurut Supomo, kunjungan di beberapa unit usaha koperasi binaan PT BIB adalah tahap lanjutan yang harus dilakukan untuk memastikan usaha koperasi tersebut berjalan baik sebagai dasar untuk menggulirkan modal usaha.

Baca juga: UMKM di Tanah Bumbu siap bersaing dengan produk luar

"Kami bersama tim sangat senang dan tertarik ketika melihat presentasi dari unit usaha yang sudah dikembangkan oleh masyarakat. Semua unit usaha pada koperasi itu memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sehingga kami optimis untuk menyalurkan modal," terangnya.

Sementara itu, GM Empowerment Sustainanbility PT BIB Dindin Makinudin yang di damping Department Headnya Silvyna Aditia menerangkan, tim CSR PT BIB terus mengawal proses program kerjasama permodalan sejak tahap awal hingga akhir.

"Kami sangat berharap program ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang kami harapkan, sehingga Koperasi Borneo Jaya Mandiri Bersama mendapatkan pinjaman modal untuk mengembangkan usahanya lebih besar," terang Silvyna.

Silvyna menuturkan bahwa, Koperasi Borneo Jaya Mandiri Bersama merupakan satu satunya koperasi di Kabupaten Tanah Bumbu yang berhasil menggandeng LPDB dalam meningkatkan usahanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024