Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan satu komisaris dan empat jajaran direksi perusahaan daerah PT Baramarta (Perseroda) di kabupaten setempat.
 
Pelantikan dan pengambilan sumpah atas komisaris dan jajaran direksi perusahaan daerah yang bergerak di bidang pertambangan batu bara itu diselenggarakan di Mahligai Sultan Adam Martapura, Jumat.
 
"Kami berharap, komisaris dan jajaran direksi mampu menjalankan tugasnya dengan baik sehingga bisa memberikan kontribusi bagi daerah," ujar Saidi dalam sambutannya usai pelantikan.
 
Diketahui, satu komisaris yang dilantik yakni Siti Mahmudah yang menjabat Komisaris Utama periode 2022-2024 dan anggota Komisaris periode 2024-2028 yang dipercaya kepada Sukamto.
 
Jabatan Direktur Utama periode 2022-2027 dipercayakan kepada Rahman Agus, Direktur Operasional periode 2024-2029 Saidan Fahmi sedangkan Direktur Umum periode 2024-2029 adalah Edi Suryadi.
 
Dijelaskan Saidi pelantikan adalah hasil tindak lanjut rekomendasi pansus Baramarta dari DPRD dan rekomendasi dari BPKP untuk mengurangi beban pekerjaan yang menumpuk pada satu direksi.
 
"Pesan saya, apabila ada masalah di lapangan, cukup direktur operasional yang bertanggung jawab untuk bisa menyelesaikan sehingga semuanya berjalan sesuai tugas dan tanggung jawab yang diberikan," ucap Saidi.
 
Dikatakan, komisaris dan direktur yang terpilih menjalani proses cukup panjang dan ketat sesuai tahapan yang disyaratkan pada Permendagri nomor 37 tahun 2018 hingga terpilih nama dari hasil seleksi tim Pansel.
 
"Kami berharap penambahan direksi dan komisaris membuat Baramarta lebih profesional, bisa mengurangi kerugian, menambah laba sehingga memberikan kontribusi yang besar bagi daerah," pesannya.
 
Setelah pelantikan, komisaris dan jajaran direksi menandatangani kontrak kinerja yang diikuti direktur maupun komisaris BUMD lainnya se-kabupaten Banjar yang berada di bawah pengelolaan Pemkab Banjar.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024