Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Kalimantan Selatan menjalin kerja sama pengelolaan keuangan dengan Bank Kalsel Syariah melalui sistem produk Payment Point Online Bank (PPOB).

Pemimpin Bank Kalsel Syariah Cabang Banjarmasin, Ahmad Fatrya di Banjarmasin Rabu mengatakan, kerja sama tersebut antara lain telah dibangun dengan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Banua.

Jalinan kerja sama tersebut, kata dia, tertuang dalam penandatanganan dokumen antara Pemimpin Bank Kalsel Syariah Cabang Banjarmasin, Ahmad Fatrya Putera dan Ketua Yayasan Pendidikan Bina Banua, Gerilyansyah Basrindu.

"Hingga saat ini Bank Kalsel Syariah telah menjalin kerjasama pengelolaan keuangan seperti pembayaran biaya pendidikan dengan beberapa perguruan tinggi, ke depan akan di tingkatkan dan perluas lagi," kata Ahmad Fatrya Putera.

Melalui PPOB atau pembayaran melalui Online, mahasiswa tidak perlu lagi repot mengantri di loket pembayaran bank, tetapi cukup dilakukan secara online melalui unit komputer atau gadget.

Usai penandatanganan, PPOB dapat segera dimanfaatkan agar pada saat menjelang UTS di akhir Januari, setiap mahasiswa bisa melaksanakan kewajibannya tanpa harus mengantri di teller bank.

Keuntungan lain menggunakan sistem IT ini adalah bersifat paperless atau tidak menggunakan kertas.

"Diawal kerja sama diperlukan sharing dan evaluasi untuk penyempurnaannya, bagaimana menyesuaikan sistem PPOB dengan STIA Bina Banua," kata Ahmad Fatrya Putera.

Sebelum sistem PPOB digunakan akan dilakukan sosialisasi dan ujicoba di bulan Januari 2017, sehingga pada saat sistem tersebut diterapkan tidak akan ada gangguan yang berarti.

Ketua Yayasan Pendidikan Bina Banua, Gerilyansyah Basrindu mengatakan, melalui kerja sama tersebut, pihaknya ingin memperbaiki sistem keuangan dengan sistem IT dan mempercayakannya kepada Bank Kalsel Syariah.

Kerja sama pengelolaan keuangan seperti ini, kata dia, bukan hal baru bagi Bank Kalsel Syariah Cabang Banjarmasin, karena sudah terjalin dengan Uniska, IAIN, Yayasan Sabilal Muhtadin, Yayasan Ukhuwah, STIHSA dan Al Hamid.

"Kenapa kami memilih Bank Kalsel Syariah, karena adanya kesamaan visi menjadi alasan untuk sama-sama membangun Banua, Yayasan Bina Banua dengan visi membina Banua membangun bangsa, sementara Bank Kalsel Syariah mengusung visi Banknya Urang Banua.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016