Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Nordiansyah menyampaikan persentase kemiskinan menurun menjadi 3,38 persen pada 2024 dibandingkan 2023 yang mencapai 4,01 persen.

"Apa yang telah kita laksanakan bersama berdampak signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan," ucap Nordiansyah di Kandangan, Kamis.

Nordiansyah menyebutkan data tersebut berdasarkan Badan Pusat Statistik pada awal Juli 2024.

Dijelaskan dia, Pemkab HSS mengalokasikan dana bansos melalui APBD murni 2024 sebesar Rp16,5 miliar yang telah terealisasi sebanyak 71,33 persen.

Baca juga: 221 keluarga penerima manfaat di HSS terima bansos PRS

Untuk APBD Perubahan Tahun Anggaran 2024, Pemkab HSS kembali mengalokasikan dana bansos untuk masyarakat yang memerlukan.

Nordiansyah menjelaskan Pemkab HSS menggelar silaturahmi untuk mempererat hubungan antara pemerintah daerah dan dinas terkait, serta komitmen bersama meningkatkan kesejahteraan masyarakat di HSS.

Penjabat Bupati HSS Hermansyah mengatakan bantuan yang diserahkan merupakan bukti kepedulian Pemkab HSS dan akan terus ditingkatkan.

"Tahun ini, kami siapkan dana sekitar Rp16 miliar, dan dalam perubahan APBD sekitar Rp8 miliar. Tujuan kami adalah membantu masyarakat yang membutuhkan, agar kemiskinan di Kabupaten HSS dapat kita atasi," ujarnya.

Baca juga: Hermansyah ajak masyarakat HSS terus berempati terhadap para lansia

Pada kegiatan ini, Pj Bupati HSS didampingi Kadinsos HSS menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan diharapkan dapat meringankan beban warga kurang mampu, khususnya dalam penyaluran bansos Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) untuk bulan Juli dan sembako, berupa gula pasir serta minyak goreng untuk periode Juli hingga September.

Turut hadir dalam silaturahmi, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Zulkifli, Asisten Administrasi Umum Efran, berbagai perwakilan potensi Dinsos HSS, yakni Tagana, Samping Desa, SDM PH, TKSK, Karang Taruna, dan PSM.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024