Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-121 Kodim 1003/Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai menggarap program utama berupa pembangunan jalan penghubung Desa Gumbil HSS menuju Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

“Satgas TMMD bergotong royong bersama masyarakat terlebih dahulu membersihkan jalan yang akan dilaksanakan peningkatan mutu berupa semenisasi dan pemasangan Box Covert,” kata Komandan Satuan Setingkat Kompi (DAN SSK) Satgas TMMD Kodim 1003/HSS Lettu Inf Hendri di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Sabtu.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim 1003/HSS renovasi Langgar Istiqal

Dia menjelaskan jalan yang dibangun ini akan menghubungkan dua kabupaten, antara Desa Gumbil dengan Desa Pengambau (Kabupaten HST), dengan panjang jalan sekitar 942 meter.

“Jalan ini satu-satunya akses terdekat untuk bisa sampai ke tujuan baik dari HSS ke HST, maupun sebaliknya,” ujarnya.

Hendri menyebutkan jalan setapak sepanjang 942 meter ini ditingkatkan mutu dengan semenisasi serta dua 2 buah Box Covert, ini merupakan sasaran utama dalam program TMMD Ke 121 Kodim 1003/HSS.

Dia berharap dengan bergotong royong bersama masyarakat setempat, pekerjaan ini akan rampung sebelum waktu yang telah ditargetkan.

Baca juga: DPRD HSS: TMMD ke-121 buka jalan penghubung perbatasan HSS-HST

Menurut Hendri, selain mempermudah dan mempercepat pekerjaan, bergotong royong juga menjadi momen menjalin kebersamaan antara TNI dengan masyarakat sehingga tercipta kamtibmas yang baik.

“Peningkatan mutu jalan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar perekonomian semakin membaik, apalagi jalan ini merupakan akses untuk membawa hasil hutan, perkebunan, pertanian, serta akses anak-anak desa untuk menuju sekolah,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga Desa Gumbil, Subliansyah (46) mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 1003/HSS yang melaksanakan program TMMD di wilayah tersebut.

“Tidak lama lagi warga dapat menggunakan jalan yang bagus, nantinya warga lebih mudah membawa hasil kebun untuk dijual ke pasar yang berada di desa tetangga dan relatif lebih dekat,” ujar Subliansyah.

Baca juga: Hermansyah buka TMMD ke-121 Kodim 1003/HSS

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024