DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2024.

Ketua Kabupaten DPRD Kabupaten HSS  Haji Akhmad Fahmi (HAF) didampingi Wakil Ketua II Muhammad Kusasi memimpin Rapat Paripurna Rancangan KUA-PPAS yang disampaikan  Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah di Kandangan, Kamis.

"Kami mengapresiasi Pemkab HSS yang sudah menyampaikan Rancangan Perubahan KUA-PAAS 2024, Alhamdulillah Pemkab HSS sudah menyampaikan rancangan perubahan KUA-PAAS ini,” kata HAF.

Baca juga: DPRD HSS gelar rapat paripurna KUA-PPAS tahun anggarna 2025

HAF berharap pembahasan Rancangan Perubahan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2024 dapat berjalan dengan lancar dan tidak lama, sehingga selesai dengan cepat.

Sementara itu, Pj Bupati HSS Hermansyah mengatakan pendapatan daerah pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2024 diproyeksikan mengalami peningkatan sebesar Rp1.097.209.122 atau 0,07 persen dengan total pendapatan menjadi Rp1.645.225.026.558.

"Proporsi dari peningkatan total pendapatan tersebut terdiri dari peningkatan pada pos Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mengalami kenaikan sebesar 2,17 persen, disumbang dari pajak daerah dan retribusi daerah,” tutur Hermansyah.

Untuk rekening lain PAD yang sah mengalami pengurangan karena penyesuaian kode rekening BLUD dipindah ke retribusi daerah, dan pos lain pendapatan daerah yang sah tidak berubah. 

Baca juga: Seluruh fraksi DPRD HSS setujui raperda pertanggungjawaban APBD 2023

Kebijakan Belanja Daerah Tahun 2024 juga dapat dilakukan dengan penambahan pada program yang berdampak langsung pada kehidupan masyarakat, sehingga beberapa penyesuaian perlu dilakukan.

Penyesuaian dimaksud antara lain pada Dana Alokasi Khusus (DAK), penyesuaian pada beberapa anggaran sosial kemasyarakatan dan bidang kesehatan.


"Saya berharap apa yang diajukan pihak eksekutif ini dapat diterima dan dibahas oleh pihak legislatif secepatnya, agar bisa segera pula diterapkan pada anggaran pembangunan kita di Pemkab HSS," harapnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024