Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (Pj Bupati HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah sebagai Inspektur Upacara membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 1003/HSS 2024 di Lapangan Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan.

"Program TMMD banyak membantu tugas pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Hermansyah melalui keterangan tertulis di Kandangan, Kamis.

Dijelaskan dia, masyarakat harus terlibat pada pelaksanaan pembangunan bertujuan agar bertanggung jawab dan memiliki pembangunan itu.

Baca juga: Pj Bupati HSS serahkan bantuan beasiswa pendidikan program Baznas

Selain itu, mencegah kegagalan pelaksanaan pembangunan karena tidak ada anggapan masyarakat hanya sebagai obyek pembangunan.

Hermansyah mengatasnamakan masyarakat Kabupaten HSS mengapresiasi para personel TNI yang terlibat kegiatan TMMD.

“Tentunya kegiatan ini akan banyak manfaatnya bagi masyarakat dan merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI, sekaligus mendekatkan TNI dengan rakyat. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Baca juga: Ratusan siswa SD dan SMP di HSS terima bantuan pendidikan

Hermansyah juga mengharapkan TMMD mampu meningkatkan kembali semangat swadaya dan gotong royong, kebersamaan, momentum mempererat rasa kesatuan untuk membangun Kabupaten HSS.

Sebelumnya, Dandim 1003 HSS Letkol Inf. Bayu Oktavianto Sudibyo menyebutkan pelaksanaan TMMD ke-121 di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat selama sebulan paad 24 Juli-22 Agustus 2024.

"Kita melaksanakan TMMD membantu kesulitan masyarakat di daerah terluar Kabupaten HSS dengan sasaran fisik, antara lain pembangunan jalan semenisasi, dan saraan tambahan pembuatan sumur bor, rehab langgar," ujarnya.

Tidak hanya sasaran fisik, personel TMMD ke-121 Kodim/1003 HSS juga menyasar non fisik, yakni penyuluhan pertanian, narkoba, stunting dan lainnya.

Baca juga: Pekan imunisasi nasional Polio HSS sasar 27.743 anak

“Desa Gumbil sebagai tempat sasaran TMMD ke 121 Kodim 1003/HSS sesuai dengan aspirasi masyarakat kita yang ingin membuat jalan tembus dari Kabupaten HSS menuju Kabupaten HST,” tutur Bayu.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Staf Korem 101 Antasari Kolonel Inf Hari Santoso, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi dan unsur forkopimda, Ketua MUI HSS, Forkopimda HSS.

Kemudian, Sekda HSS Muhammad Noor, Pj Ketua TP PKK HSS Hj Rusnawati beserta Anggota TP PKK HSS, Persit 1003 Kandangan, Bhayangkari HSS, Kepala OPD HSS, camat dan undangan lain.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024