Jamaah haji Kloter 19 atau kloter terakhir Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada Senin pagi.
 
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Senin, menyampaikan jamaah haji kloter terakhir yang pulang dari Arab Saudi ini berjumlah 93 orang dengan petugas haji.

Baca juga: Jamaah haji Kloter 18 dari Kabupaten Tabalong tiba di Kalsel
 
"Kedatangan jamaah haji Kloter terakhir Embarkasi Banjarmasin berjalan lancar," ujarnya.
 
Adapun jamaah haji yang masuk dalam Kloter terakhir ini berasal dari Kota Banjarmasin sebanyak 68 orang, Kabupaten Banjar (enam orang), Kabupaten Tapin (enam orang), Kabupaten Tabalong (lima orang), Kabupaten Tanah Bumbu (empat orang) dan Kabupaten Tanah Laut (satu orang) ditambah tiga petugas haji kloter.
 
Kedatangan Kloter 19 atau terakhir ini, ungkap Tambrin, maka jumlah jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah pulang ke tanah air dan berkumpul dengan keluarga sebanyak 5.842 orang dengan petugas haji dan kesehatan haji.
 
"Masih ada sebanyak dua haji yang belum pulang karena masih dalam perawatan di Arab Saudi," ujarnya.
 
Menurut dia, kedua jamaah haji yang masih dalam perawatan intensif di RS Arab Saudi tersebut tetap dipantau, jika sembuh baru dipulangkan ke tanah air.

Baca juga: 293 jamaah haji asal Hulu Sungai Tengah Kalsel tiba di tanah air
 
Adapun jumlah jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat di tanah suci sebanyak sepuluh orang.
 
Tambrin pun menyampaikan nama pemerintah berterima kasih dan memberikan penghargaan yang sangat tinggi kepada jamaah haji, khususnya jamaah haji Kloter 19 Banjarmasin yang pada saat ini telah tiba di tanah air dan telah menjadi jamaah haji Indonesia yang tertib rapi dan taat peraturan.
 
"Di dalam hal layanan, mohon maaf lahir dan batin jika ada hal-hal yang kurang dan tentunya bapak ibu semoga menjadi haji yang mabrur," ucapnya.
 
Sebagai disampaikan Tambrin sebelumnya, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 5.759 jamaah haji ditambah 94 petugas haji dan kesehatan pada 19 Kloter.
 
Dengan rincian sebanyak 4.071 orang jamaah haji pada 14 kloter dari Kalsel dan sebanyak 1.688 orang jamaah haji pada lima Kloter dari Kalteng.

Baca juga: Jamaah haji Embarkasi Banjarmasin wafat jadi sepuluh orang

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024