Dinas Komunikasi Informatika dan statistik Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan memperluas jaringan internet bagi masyarakat guna mendukung program digitalisasi smart city menyambut Ibu Kota Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Diskominfo Tabalong M Noor Rifani menjelaskan upaya digitalisasi Tabalong guna menyambut IKN, antara lain dengan mempertahankan predikat Kabupaten/Kota Smart City terbaik pertama di Kalsel.

Baca juga: Diskominfo Tabalong sosialisasikan internet sehat dan aman

"Dengan pembangunan menara BTS dan tower penguat sinyal upaya kita memperluas penyediaan free hotspot WIFI gratis bagi masyarakat," ungkap Noor Rifani di Tabalong Minggu.

Kehadiran IKN yang berbatasan dengan Kabupaten Tabalong, menurut Rifani, harus disikapi bersama agar masyarakat Tabalong tak sekadar sebagai penonton namun mampu berkontribusi positif bagi kemajuan daerah.

Ia menyebutkan sejumlah fasilitas dan pelayanan publik termasuk kawasan sekolah di Tabalong telah tersedia internet gratis.

Dikatakan RIfani, akan sangat disayangkan apabila masyarakat tidak memanfaatkan secara maksimal untuk menyambut IKN.

Baca juga: Diskominfo Tabalong ajak penggiat medsos nongkrong santai

Rifani juga meminta para generasi muda terutama yang tergabung pada komunitas, influencer, pegiat media sosial dan sejenisnya bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menghasilkan sesuatu yang produktif dan turut mendukung kemajuan daerah.

Saat menggelar Ngobrol Bareng Diskominfo Tabalong dengan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dan Influencer, Rifani menjelaskan posisi strategis Tabalong yang berdekatan dengan IKN harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

 "Sebagai kawasan penyangga IKN kita sebagai warga Tabalong harus siap menghadapinya termasuk kalangan muda," ungkapnya.

Baca juga: Diskominfo Tabalong usulkan dua desa terpencil dibantu akses internet

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024