Penjabat (Pj) Bupati Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) M Syarifuddin mengingatkan kepala desa (kades) menyalurkan dan mendata bantuan sosial tepat sasaran kepada masyarakat yang memang membutuhkan.

“Kami baru saja melaksanakan rapat koordinasi peningkatan kualitas keluarga di Desa Sukaramai. Pada kesempatan ini saya memberikan arahan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Syarifuddin di Rantau, Tapin, Jumat.

Baca juga: 238 haji asal Tapin tiba di Kalimantan Selatan

Karena itu, Syarifuddin menilai jika bantuan disalurkan dengan tepat sasaran kepada warga prasejahtera, tentu ini memberikan dampak positif terhadap percepatan mengatasi kemiskinan ekstrem di desa.

“Rapat koordinasi ini dilaksanakan tim peningkatan kualitas keluarga daerah (TPK2D), kita undang instansi lintas lintas sektor untuk membahas langkah apa saja yang harus kita lakukan ke depannya,” katanya.

Selain itu, Syarifuddin memerintahkan kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan kepada desa, nantinya harus memang benar-benar di butuhkan masyarakat, jangan hanya sekedar memberikan pembinaan maupun sosialisasi tetapi tidak berdampak positif bagi masyarakat.

Baca juga: Pj Bupati Tapin apresiasi panitia MTQN Kalsel ke-35 suksesi kegiatan

Dia menekankan seluruh bantuan pemerintah daerah kepada desa haruslah tepat, tidak hanya bentuk bansos, tetapi juga bantuan lainnya, seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pembinaan serta pelayanan publik lainnya.

Menurut Syarifuddin, saat ini masih banyak kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat di Tapin, salah satunya pelaksanaan isbat nikah, karena yang terdata ada sekitar 34 jiwa yang belum memiliki buku nikah.

“Oleh karena itu, rapat koordinasi ini kita laksanakan untuk mengkoordinasikan bersama apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Tapin luncurkan CSIRT untuk keamanan siber portal pemerintahan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024