Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar grand final Pemilihan Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) tingkat kabupaten tahun 2024, diikuti 10 finalis yang bersaing.

Kepala Disporapar HSS Heri Utomo, di Kandangan, mengatakan kegiatan ini merupakan program Disporapar HSS, menjadi wadah para pemuda mensosialisasikan kepedulian dan pemahaman tentang pelestarian lingkungan, khususnya di HSS.

"Telah dilakukan seleksi sehingga menyisakan sepuluh orang finalis yang akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3, serta nantinya akan mewakili kabupaten ke tingkat Provinsi Kalsel," ujar Heri dalam keterangan mengutip pers rilis Diskominfo HSS, di Kandangan, Selasa.

Baca juga: Ratusan peserta ikuti kompetisi aerobic se- Kalsel 2024 di HSS

Dijelaskan Heri, kegiatan ini tidak hanya sekedar event formalitas semata, tapi juga di harapkan dapat duta yang mampu berkontribusi menjaga lingkungan dan mengedukasi tentang lingkungan.

Ia juga mengatakan pepelingasih sebuah program yang di selenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, dalam bentuk pemberdayaan pemuda Indonesia.

Para duta diharapkan nantinya memiliki peran dan kontribusi dalam memperbaiki kondisi lingkungan, khususnya dalam hal penanganan sampah yang menjadi persoalan suatu daerah tidak terkecuali di HSS.

Baca juga: Kontingen Pesoda SOina HSS juara umum dengan 12 medali emas

"Saya percaya para duta pepelingasih akan dapat di laksanakan dengan sebaik-baiknya, kepada para finalis yang lainnya belum beruntung jangan berkecil hati," ungkapnya.

Ditambahkan dia, para peserta Duta Pepelingasih  semuanya adalah orang-orang pilihan, yang telah mampu membuktikan diri dalam ajang ini, serta agar menjadikan kegiatan ini sebagai sarana menambah wawasan dan pengalaman.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024