Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo membuka latihan dasar militer bagi ratusan anggota Komponen Cadangan (Komcad) matra darat tahun 2024.
 
Pembukaan latsarmil bagi 500 orang personel Komcad yang berasal dari berbagai elemen masyarakat itu dilakukan Pangdam di lapangan Kejujuran Rindam VI/Mulawarman di Kota Banjarbaru, Kalsel, Senin.
 
"Kalian harus bangga karena terpilih menjadi unsur komponen cadangan setelah melalui proses seleksi yang tidak mudah. Apalagi peran kalian menjadi bagian dari tugas membela negara," ujar Pangdam.
 
Menurut Pangdam, Komcad yang direkrut dari berbagai unsur maupun elemen masyarakat sebagai bagian strategi pemerintah membentuk sistem keamanan dan pertahanan rakyat semesta.
 
Dijelaskan, strategi yang dilakukan pemerintah melibatkan seluruh unsur baik sumber daya manusia, sumber daya alam maupun sumber daya buatan hingga sarana nasional yang dijadikan satu kesatuan.
 
"Setelah menjalani pelatihan selama dua bulan, anggota Komcad harus selalu siap dimobilisasi sesuai tugas yang diberikan. Personel Komcad harus setia dan selalu siap membela negara," pesan Pangdam.
 
Dijelaskan Pangdam, perekrutan Komcad merupakan strategi dari pemerintah menanggulangi segala bentuk ancaman melalui penanaman nilai-nilai bela negara yang disertai pembangunan kekuatan TNI.
 
Selain itu, melalui kekuatan alutsista sebagai komponen utama dalam pertahanan negara sehingga setiap Komcad dilatih sesuai dasar-dasar kemiliteran agar siap diterjunkan jika situasi dan kondisi memerlukan.
 
"Komcad merupakan warga negara sipil yang dilatih dasar kemiliteran dan tetap memiliki status sipil. Usai pelatihan dan lulus, mereka akan kembali ke profesi awal sebagai warga sipil di wilayahnya," ujar Tri.
 
Ditambahkan Pangdam, rekrutmen Komcad bersifat sukarelawan yang berasal dari ASN, Kemhan, TNI, pemda, instansi perguruan tinggi, pegawai BUMN, BUMD, swasta, maupun warga negara umum.
 
"Mereka yang terpilih telah melalui proses pemeriksaan kesehatan juga mental, jasmani dan ideologi yang setiap saat bisa dimobilisasi sesuai keperluan terutama dalam rangka bela negara," kata Pangdam.
 
Pembukaan latsar Komcad dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kalsel, diantaranya Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Kepala BNNP Kalsel dan Danlanal Banjarmasin.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024