Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melanjutkan pembangunan pacuan kerbau rawa di Desa Bararawa Kecamatan Paminggir.

Kabid Pariwisata Disporapar HSU, Junaidi, menyatakan, pembangunan arena pacuan kerbau dan podium penonton sedang berlangsung.

"Dari laporan pihak Dinas Pariwisata provinsi, pengerjaan arena pacuan kerbau dan podium penonton tengah dilaksanakan," kata Junaidi, Jumat (11/7/2024).

Dikatakan, proyek pembangunan arena pacuan kerbau rawa di Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara kembali dilanjutkan pada tahun 2024.

Proyek ini dipantau oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HSU dan didanai oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan anggaran Rp 8 miliar.

Sebelumnya, fasilitas dermaga wisata dan titian kayu untuk wisatawan menuju lokasi balapan kerbau telah selesai dibangun dengan anggaran Rp1,3 miliar pada tahun 2023.

"Dengan pembangunan sarana dan fasilitas pendukung ini, diharapkan wisata balap kerbau nantinya menjadi salah satu agenda kunjungan wisatawan ke Kabupaten HSU," tambah Junaidi.

Camat Paminggir, Rully Lesmana, optimis bahwa wisata balap kerbau rawa akan meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya peternak kerbau.

"Wisata ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan hadirnya pelancong yang datang dan berbelanja. Kami berharap wisata ini dapat dibangkitkan dan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal," ujar Rully.

Proyek ini bertujuan untuk menghidupkan kembali tradisi pacuan kerbau dalam upaya meningkatkan pariwisata di Kalimantan Selatan.

Event balap kerbau rawa ini direncanakan masuk dalam kalender wisata Kalsel setelah semua fasilitas selesai dibangun dan diperkenalkan secara luas.
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024