Bupati dan Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur dan Said Idrus Al Habsyi menghadiri peringatan wafat atau haul ke-14 Tuan Guru Supian sebagai salah satu ulama panutan di Martapura.
 
Keterangan tertulis Kominfo Banjar, Rabu suasana penuh takzim terasa pada haul yang diselenggarakan di kediaman keluarga almarhum, Jalan Sasaran, Kelurahan Keraton Martapura, Selasa malam.
 
Bupati Banjar dan wakil bupati bersama ulama, habaib, guru-guru Pondok Pesantren Darussalam serta ribuan jamaah menghadiri haul salah satu sepupu kesayangan Abah Guru Sekumpul tersebut.
 
Kegiatan haul dimulai setelah salat Isya diawali pembacaan surat Yasin dan Maulid Habsyi dibawakan oleh rombongan Ar Raudhah Sekumpul kemudian syair Syekh Samman dan ditutup tahlil dan doa.
 
Pembacaan doa untuk almarhum yang semasa hidupnya mengajar di Pondok Pesantren Darussalam Martapura diaminkan ribuan jamaah haul dipimpin Tuan Guru Syamsuri Arsyad atau Guru Suri Kurnia.
 
Sekilas riwayat hidup (manakib) Tuan Guru Supian Noor bin Ahmad Sya’rani merupakan keluarga dekat atau sepupu KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul Martapura.
 
Abah Guru Sekumpul dalam salah satu pengajiannya dan dikutip dari video media sosial pernah berwasiat sepeninggal beliau nanti yang akan menggantikan menggelar pengajian adalah almarhum Tuan Guru Supian.
 
"Insya Allah, kalau aku habis umur nanti Maulud, Burdah, Dalail tetap dilanjutkan dan yang membaca kitab sepupuku Guru Supian Noor keponakan Guru Seman Mulia, sepertinya di Keraton sana juga terdapat Sirrullah (rahasia Allah)," ucap Guru Sekumpul dikutip dari video youtube.
 
Diketahui, Tuan Guru Supian Noor wafat Jumat dini hari tanggal 26 November 2010, dan dimakamkan bersebelahan dengan H Abdul Ghani ayah dari Guru Sekumpul di komplek pemakaman Patih Mangun Jaya Kelurahan Keraton Martapura.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024