Ketua DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Haji Akhmad Fahmi (HAF) menyambut baik gelaran Lomba Balogo yang digelar Kepolisian Resor (Polres) HSS di rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara.

“Terima kasih kepada Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu dan jajaran Polres HSS yang sudah melaksanakan lomba Balogo," kata HAF, yang juga menjabat Ketua Umum Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) HSS, mengutip pers rilis Sekretariat DPRD HSS, Selasa.

Baca juga: DPRD HSS paripurna jawaban eksekutif untuk pandangan umum fraksi APBD 2023

HAF menilai lomba Balogo ini menjadi salah satu langkah pelestarian serta menjaga salah satu budaya tradisional, sehingga dapat dikenal luas dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Selain memupuk kebersamaan, juga melalui permainan Balogo dapat meningkatkan kebugaran masyarakat melalui olahraga tradisional tersebut.

"Kita semua tentu berharap agar olahraga tradisional jangan sampai punah, karena permainan tradisional ini memiliki kelebihan yang khas dibanding jenis olahraga lainnya," ungkapnya.

Baca juga: DPRD HSS harapkan Festival Bamboo Rafting tingkatkan kunjungan wisata

Menurut HAF, kelebihannya karena bisa dinikmati oleh semua kalangan tanpa memandang kelas dan semuanya bisa memainkan dengan gembira, serta dengan semangat untuk mlestarikan olahraga tradisional yang ada.

Dan dirinya ingin agar permainan Balogo dapat terus dimainkan, sebagai bagian dari permainan tradisional saat menghadiri rangkaian lomba Balogo Polres HSS di Gedung Hantangan Burung (Halaman GOS Aluh Idut) Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024