Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah  meraih penghargaan Anugerah Dana Rakca 2016 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), karena dianggap berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan daerah.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Darmin Nasution kepada Wakil Bupati HST H.A. Chairansyah di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Rabu (7/12).

"Dana Rakca diterima Pemkab HST setelah pemerintah pusat melalui Kemenkeu melihat kinerja sangat baik dalam pengelolaan keuangan daerah, dan dinilai berprestasi," kata Chairansyah.

Menurut dia, indikator penghargaan didasarkan pada beberapa kategori pencapaian kinerja, yaitu  Ketepatan waktu dalam pengesahan APBD, perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), pemanfaatan APBD secara optimal, pertumbuhan ekonomi yang baik, penurunan angka kemiskinan dan pelayanan publik yang lebih baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Ini merupakan kebanggan dan prestasi yang diraih Pemkab HST, menjadi bagian motivasi sekaligus kado untuk hari jadi kabupaten HST ke 57 yang jatuh pada tanggal 24 Desember mendatang," katanya.

Dia juga menerangkan, sebanyak 73 kepala daerah se-Indonesia juga mendapatkan  dan HST merupakan  satu dari empat kabupaten di Kalsel yang meraih penghargaan yang sama dan bagi daerah yang mendapatkan anugerah tersebut akan mendapatkan tambahan Dana Insentif Daerah (DID) di tahun 2017.

"Penghargaan Dana Rakca ini diraih atas kerja sama yang baik antara Ekskutif danLegislatif serta aparatur yang baik dalam mengelola dan menyeimbangkan keuangan daerah," katanya.

 Prestai ini, tambah Wagub,  dipersembahkan untuk seluruh masyarakat HST, umumnya, dan jajaran aparat pemerintahan Kabupaten HST pada khususnya.

Selain itu, dengan dana insentif ini dipergunakan sebaik- baiknya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat HST yang lebih baik.

Pewarta: M Taufik Rakhman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016