Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) mengerahkan petugas imigrasi untuk mengawal kelancaran kepulangan jamaah haji di Bandara Syamsudin Noor dan Asrama Haji Banjarmasin.

"Kehadiran petugas Imigrasi guna membantu kelancaran proses pemulangan jamaah haji berkaitan dokumen perjalanan," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman di Banjarbaru, Senin.

Baca juga: Kain sasirangan tercatat sebagai Indikasi Geografi milik Kalimantan Selatan

Taufiqurrakhman mengungkapkan pemeriksaan dokumen dilakukan petugas Imigrasi agar tidak ada kendala bagi para haji yang tiba.

Jamaah haji yang telah dinyatakan dokumen lengkap kemudian diperkenankan untuk kembali ke rumah setelah menjalani serangkaian proses di Debarkasi Banjarmasin.

Diktehaui, kedatangan jamaah haji kloter pertama asal Kabupaten Banjar, Kalsel sebanyak 319 orang  terdiri dari 149 laki-laki dan 170 perempuan.

Baca juga: Ratusan ajukan kekayaan intelektual di Banjarmasin tertinggi se-Kalsel

Kloter pertama Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan 320 orang calon haji. Namun, satu orang masih dalam kondisi sakit dan akan dipulangkan melalui kloter yang berbeda.

Taufiqurrakhman mengapresiasi terhadap seluruh pihak yang terlibat pada penyelenggaraan haji 2024 demi kelancaran proses keberangkatan dan pemulangan jamaah.

Terutama kepada jajaran Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah dan Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin yang telah berkontribusi besar dalam memfasilitasi dokumen perjalanan bagi sebanyak 5.852 calon haji.

Baca juga: Pemkab Tapin raih penghargaan layanan HKI dari Kemenkumham Kalsel

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024