Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Selatan memperkuat kemampuan penyidik Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Kami telah melaksanakan pelatihan penyidik Gakkumdu bagi jajaran Reskrim se-Kalsel untuk kesiapan pilkada," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel Kombes Pol Erick Frendriz di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Polda Kalsel baksos pilkada damai lewat Bhayangkara Adventure Offroad

Erick mengatakan para penyidik Reskrim akan berperan pada Sentra Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan.

Erick menuturkan anggota perlu mengikuti pelatihan untuk mendapatkan penjelasan terkait tugas dan wewenang melaksanakan tugas di Sentra Gakkumdu.

Sehingga, menurut Erick, terjadi peningkatan kualitas penanganan perkara dugaan pelanggaran tindak pidana Pilkada 2024.

Baca juga: Komisi III DPR ingatkan Polda Kalsel maksimal amankan Pilkada

Erick mengakui petugas Sentra Gakkumdu bakal menghadapi tantangan dan dinamika yang bertugas menegakkan hukum pidana pemilu.

Dia menekankan penting menyamakan persepsi untuk pola penanganan tindak pidana pemilu, sehingga petugas siap menghadapi tahapan pilkada.

"Maka sangat penting saling koordinasi, menjaga soliditas dengan Bawaslu dan Kejaksaan agar penanganan perkara bisa berjalan sesuai ketentuan," tegas Erick.

Baca juga: Brimob Kalsel siagakan PRC kawal Pilkada 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024