Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenkumham Kalsel), Taufiqurrakhman menghadiri secara langsung kegiatan Peresmian Gedung Baru Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan sekaligus pemberian gelar Kehormatan "Mangngassai  Dg Makkule" yang diberikan oleh Dewan Adat Kerajaan Gowa Kepada Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia (Menkumham RI), Yasonna H. Laoly, Jumat (14/06/2024).

Taufiqurrakhman selaku Kakanwil Kemenkumham Kalsel yang berhadir langsung sebagai salah satu tamu undangan pada kegiatan ini menyaksikan langsung pemberian gelar "Mangngassai  Dg Makkule" kepada Menkumham RI Yasonna H. Laoly yang disahkan oleh Raja Gowa ke XXXVIII, Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang Sultan Malikusaid II.

Yasonna mengucapkan terima kasih atas gelar Kerajaan Gowa. Ia merasa terhormat telah menjadi bagian dari keluarga Kerajaan Gowa.

"Dari hati saya yang teramat dalam, terima kasih atas kehormatan ini. Saya sudah menjadi keluarga Kerajaan Gowa. Susah ataupun senang, kita keluarga," ujar Yasonna.

Pada momentum ini Yasonna H. Laoly yang juga turut didampingi oleh jajaran Pimpinan Tinggi Madya (Pimti Madya) dan para tamu Kehormatan meresmikan Gedung Baru Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Yasonna H. Laoly mengapresiasi rampungnya pengerjaan Kanwil Kemenkumham Sulsel yang dibangun megah dan menjadi salah satu Kanwil Kemenkumham terbesar di Indonesia.

“Jadi ini salah satu kanwil terbesar di Indonesia,” ucap Yasonna usai peresmian.

Gedung baru Kanwil Kemenkumham Sulsel yang berada di Jalan Sultan Alauddin, Makassar ini pembangunannya menelan anggaran Rp49,7 miliar.

“Adapun anggaran untuk tahun 2023, Rp25.199.480.000. Sedangkan 2024 dikucurkan Rp24.581.240.000 miliar,” ucap Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak.

Secara terpisah, Taufiqurrakhman menyampaikan bahwa kehadirannya pada kegiatan peresmian gedung baru Kanwil Kemenkumham Sulsel juga dalam rangka benchmarking bertepatan dengan Gedung Kanwil Kemenkumham Kalsel yang baru juga sedang berproses dalam hal pembangunan.
Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman menghadiri secara langsung kegiatan Peresmian Gedung Baru Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024