Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-120 Kodim 1001 Hulu Sungai Utara-Balangan (HSU-BLG), Kalimantan Selatan (Kalsel) menanam berbagai macam tanaman produktif sebagai upaya pelestarian lingkungan di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah.

Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Minggu, mengatakan penanaman pohon melibatkan instansi terkait beserta sejumlah masyarakat di lokasi TMMD.

Baca juga: Dandim HSU-Balangan tekankan Pancasila sebagai landasan bertindak

“Menanam pohon dalam rangka menciptakan lingkungan yang lebih asri dan hijau serta sebagai resapan air pada saat musim penghujan,” ujarnya.

Dia menyebutkan bibit pohon yang ditanam merupakan bantuan dari Dinas Perhutani Kabupaten Hulu Sungai Utara, ditanam di pinggir jalan yang juga merupakan sasaran fisik program TMMD

“Jumlah bibit pohon yang ditanam sekitar 100 batang dengan berbagai jenis tanaman produktif yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: Dandim 1001/HSU-BLG tindak tegas anggota bermain judi online

Gunantyo menjelaskan penanaman pohon sebagai program tambahan TMMD guna mendukung program penghijauan pemerintah daerah setempat.

Ia mengatakan bersamaan dengan penanaman pohon, Satgas TMMD juga melaksanakan pengerjaan berbagai program lainnya baik sasaran fisik maupun non-fisik.

“Kami berharap TMMD dapat mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, tidak lain guna meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, sejahtera, dan mandiri,” ujar Gunantyo.

Baca juga: Dandim 1001/HSU-BLG tinjau lokasi TMMD ke-120 di Sungai Karias

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024