Pontianak, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalimantan Barat Simplisius mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Festival Budaya, Pariwisata dan Produk Unggulan Kalbar, untuk mempromosikan kunjungan wisata se-Kalimantan.

"Festival 8-12 Desember di Tanjung Datok, Sambas, ini menjadi momen untuk mengenalkan destinasi wisata Kalbar, karena semua provinsi di Pulau Kalimantan akan ikut terlibat," kata Simplisius di Pontianak, Selasa.

 Menurutnya, selama ini tidak banyak orang yang tahu dengan destinasi di pulau Borneo ini, terutama di Kalimantan Barat.

Sebagai bagian dari pulau yang menyandang nama paru-paru dunia, Simplisius menyatakan akan mengenalkan Taman Nasional Betung Kerihung, Pantai Tanjung Datok dan Danau Sentarum dalam festival ini.

"Ini destinasi yang kami tonjolkan dalam festival nanti," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, Kalbar juga akan menampilkan destinasi wisata yang lain. Seperti destinasi wisata alam, budaya dan sejarahnya.

Ia menambahkan masing-masing provinsi juga akan menampilkan hal yang sama. Mulai dari destinasi wisatanya, produk unggulan dan produk ekonomi kreatif.

Pada kegiatan itu juga akan digelar perlombaan yang diikuti semua provinsi di Kalimantan. Bahkan ada juga pemilihan putri Borneo
    
"Sesuai perencanaannya baru pemilihan putri. Semoga tahun depan ada pemilihan putra Borneo juga," katanya.

Simplisiu menambahkan, pada perhelatan Sail Selat Karimata yang dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara, Kalbar beberaopa waktu lalu menjadi salah satu media promosi yang evektif untuk mengenalkan Kalbar kepada para wisatawan.

"Untuk itu kita harapkan kegiatan seperti itu bisa terus kita laksanakan, mungkin dengan event wisata lainnya, seperti festival se-Kalimantan ini," katanya./f

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016