Penjabat Bupati Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan Syarifuddin mengingatkan agar Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) agar selalu bekerja dengan profesional dan berintegritas saat Pilkada 2024.

"Kita berharap Pilkada 2024 sukses tanpa ada kendala berarti seperti Pemilu yang berlangsung Februari tadi," ujar Syarifuddin kepada ANTARA di Rantau, Kabupaten Tapin, Jumat.

Baca juga: Figur muda Golkar Riduan Syah jadi Ketua DPRD Tapin

Syarifuddin mengatakan peran Bawaslu dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Tapin 2024 sangat krusial maka harus diisi orang yang kompeten.

"Koordinasi itu harus selalu dijaga dengan baik antara Bawaslu, KPU, Camat, instansi lain maupun tokoh masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Tapin Kalsel serahkan dana hibah Pilkada Rp29 miliar kepada KPU

Selebihnya, Syarifuddin berharap perjalanan Pilkada Tapin dapat berjalan sehat dan melahirkan pemimpin yang ideal bagi Kabupaten Tapin.

Baca juga: Yamani-Juanda kuasai parlemen bentuk koalisi Tapin Maju tarung Pilkada

Sementara itu, Ketua Bawaslu Tapin Abid Fikasi Gulo mengatakan dari 36 Panwascam yang dilantik ada 18 orang atau 50 persen merupakan "existing".

"Ini sudah sesuai evaluasi dan seleksi kami, tentunya mereka memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam bertugas," ujarnya.

Abid katakan Panwascam bakal bertugas kurang lebih 10 bulan, termasuk jika kemungkinan ada perselisihan hasil pemilihan.

Baca juga: Dokter Milhan-Habib Farid Assegaf maju jalur independen Pilkada Tapin

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024