Program unggulan dua anak perusahaan Balangan Coal Companies yakni PT Laskar Semesta Alam dan PT Semesta Centramas meraih  penghargaan bergengsi TOP CSR 2024 yang dilaksanakan Majalah Top Business.

"Komitmen kami terhadap CSR bukan hanya sekedar tanggung jawab, tetapi juga merupakan kunci keberhasilan jangka panjang bagi perusahaan dan masyarakat," ungkap Presiden Direktur Balangan Coal,  Priyadi dalam press rilis yang disampaikan YABN di Jakarta, Jumat.

Dua anak perusahaan yakni PT  Laskar Semesta Alam  (LSA)  dengan program unggulannya “Pengolahan Sampah Organik Melalui Budidaya Maggot” meraih penghargaan Star 3.

Penghargaan lebih tinggi diterima 
PT Semesta Centramas yakni  Star 4 l dengan program unggulan  “Membangun Kemandirian Ekonomi Melalui Pemberdayaan Kelompok Ibu-ibu Desa Hukai”.

Di ajang yang sama Presiden Direktur  Balangan Coal Group Ir Priyadi meraih penghargaan Top Leader On CSR Commitment 2024.

Keberhasilan ini tidak hanya menunjukkan dedikasi perusahaan-perusahaan ini terhadap CSR, tetapi juga memperkuat posisi mereka sebagai pemimpin dalam industri yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Penghargaan yang diterima Priyadi sendiri  sebagai bentuk pengakuan atas kepemimpinan dan dedikasi beliau dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip CSR ke dalam strategi bisnis perusahaan. 

Atas prestasi ini  tentunya menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk terus meningkatkan kontribusi  terhadap pembangunan berkelanjutan.

Priyadi menyebutkan ada tiga  program CSR yang selaras dengan tujuan peusahaan dan mampu memberi dampak besar yang positif yakni  Program Kain Sasirangan,  Stunting, dan  Desa Mandiri Adaro.

Di Program Kain Sasirangan  bentuk pelestarian budaya lokal kain khas Kalimantan Selatan dengan memberikan  akses alternatif usaha dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat   di Desa Hukai Kabupaten Balangan.

Kemudian kolaborasi dan sinergi program antara Adaro Group Bersama pemerintah daerah dalam melakukan penanggulangan dan pencegahan stunting serta Program Desa Mandiri Adaro  dalam rangka memberikan pembelajaran kemandirian, keterbukaan dan keleluasan desa secara bertanggung jawab.

Ketua penyelenggara   dan Pemimpin Redaksi Majalah Top Business M Lutfi Handayani menyampaikan  penghargaan ini  untuk mendorong perusahaan di Indonesia agar terus meningkatkan kualitas dan efektivitas dalam menjalankan program CSR sehingga dapat mendukung strategi pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

"Penghargaan ini sebagai bukti komitmen  apresiasi kepada perusahaan yang menunjukkan komitmen tinggi terhadap tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) serta inovasi dalam lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG)," jelas M Luthfi.

Selain itu apresiasi  ini merupakan pengakuan atas upaya swasta  dalam menjalankan program CSR yang berdampak positif bagi masyarakat sekitar dan lingkungan. 

Pada acara penyerahan penghargaan 
TOP CSR Awards 2024 yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta (29/5) Balangan Coal Company diwakili  External Relation Division Head, Thoha dan  Kepala Teknik Tambang PT  LSA,  Yohanes Mahendro
dan  CSR PDCA Section Head Adaro Energy Indonesia Diah Restu Lestari.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024