Stok hewan kur'ban baik sapi maupun kambing di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menjelang Hari Raya Idul Adha 1432 Hijriyah mencukupi.


"Stok sapi untuk persiapan menghadapi Idul Adha mencukupi sehingga tidak perlu khawatir kekurangan hewan kur'ban," ujar Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Dondit Bekti di Martapura, Selasa.

Menurut dia, persediaan sapi terdata sebanyak 1.120 ekor yang tersebar pada 32 titik di wilayah kecamatan, seperti Kecamatan Martapura Kota, Astambul, Mataraman, Simpang Empat, Sambung Makmur dan Pengaron.

Setiap wilayah kecamatan, hewan yang siap dikurbankan itu dipelihara masyarakat baik secara perorangan maupun kelompok yang secara khusus memelihara sebagai persiapan menjelang Idul Adha.

"Aktivitas anggota masyarakat yang memelihara sapi-sapi itu cukup membantu ketersediaan hewan kurban  sehingga dapat memenuhi permintaan yang meningkat menjelang Idul Adha," ungkapnya.

Dikatakan, persediaan sapi yang jumlahnya mencapai seribu ekor lebih itu melebihi kebutuhan hewan kur'ban Idul Adha tahun lalu yang hanya sebanyak 872 ekor dengan mayoritas jenis sapi Bali.

Mengenai harga sapi menjelang peringatan hari besar umat muslim itu, ia mengatakan, biasanya terjadi kenaikkan harga berkisar 10 persen dari harga normal pada hari biasa.

"Harga normal sapi kur'ban sebelum Idul Adha mencapai Rp7 juta per ekor, tetapi menjelang hari H biasanya mengalami kenaikkan yang besarannya diperkirakan mencapai 10 persen," ujarnya.

Ditambahkan, persediaan hewan kurban lain yakni kambing juga mencukupi dengan jumlah stok sebanyak 76 ekor atau melebihi kebutuhan kambing untuk hewan kurban tahun lain sebanyak 48 ekor.

"Persediaan kambing juga mencukupi tetapi harganya diperkirakan ikut naik menjelang Idul Adha mencapai 10 persen dari harga pada hari-hari biasa yang mencapai Rp1 juta per ekor," katanya.zal/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011