Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel Ahmad Solhan meninjau langsung lokasi rencana pembangunan jalan penghubung Negara (HSS) dan Margasari (Tapin).

Peninjauan berlangsung di Desa Bajayau Tengah, Kecamatan Daha Barat, dan peninjauan ini merupakan langkah awal upaya meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antarkabupaten, yang diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. 

"Kita melaksanakan peninjauan terkait rencana jalan penghubung Negara-Margasari atas arahan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan juga usulan dari Pj Bupati HSS," kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel Ahmad Solhan.

Baca juga: Pj Bupati HSS: Pembangunan Jalan tembus Negara-Margasari direncanakan 2025

Dijelaskan dia, pihaknya turun langsung ke lapangan melihat kondisinya, dan nanti pada perubahan anggaran akan membuatkan Detail Engineering Design (DED), selanjutnya di 2025 akan dianggarkan pembangunannya.

Adapun dari hasil peninjauan tersebut, pembangunan jalan Negara-Margasari perlu dilakukan, untuk meningkatkan konektivitas dari HSS menuju Tapin yang akan memotong jarak dan waktu perjalanan.

"Kalau dilihat tadi, sekitar 3,5 kilometer ini akan efektif kalau menempuh jalan dari Nagara ke Banjarmasin, melalui rencana jalan ini," terangnya.

Pj Bupati HSS Hermansyah, berterima kasih kepada Dinas PUPR Provinsi Kalsel telah langsung turun ke wilayah Daha Barat melihat rencana jalan yang akan diusulkan di 2025, serta akan menyusun DED.

Baca juga: DPRD HSS: Jalan tembus Negara-Margasari bakal tingkatkan ekonomi masyarakat

Ia juga menyatakan bahwa nantinya jalan ini akan membuka akses yang mempermudah masyarakat Daha, baik itu dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan, dan mengembangkan daerah Negara Daha menjadi lebih maju lagi.

"Mudah-mudahan rencana jalan Negara-Margasari ini bisa terealisasi tahun ini berkat dukungan dari Dinas PUPR Provinsi Kalsel dan Gubernur Kalsel, yang selalu menekankan pentingnya konektivitas jalan," harapnya.

Turut hadir dalam peninjauan, para kepala perangkat daerah HSS, para kepala bagian Setda Pemkab HSS, Camat Daha Barat, Daha Utara, Daha Selatan, serta Kepala Desa Bajayau.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024