Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala (Sekda Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel)  H Zulkipli Yadi Noor membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkomifo-RI) Budi Arie Setiadi pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 Tahun 2024.

"Teknologi digital telah melesat jauh melampaui bayangan banyak orang. Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusia," ujar H Zulkipli Yadi Noor, dalam siaran pers, Senin.

Menurut dia dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. 

"Dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 dan HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di halaman Kantor Bupati Batola.

Sementara itu,  pada peringatan Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan dalam sambutan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dibacakan  Sekda Batola H Zulkipli Yadi Noor mengatakan, momentum peringatan 17 Mei 1949 sebuah proklamasi menyatakan Kalimantan bagian tak terpisahkan dari Republik Indonesia. 

Reaksi atas Perjanjian Linggarjati, terang dia, menyatakan hanya pulau Jawa merupakan wilayah Republik Indonesia. 

"Proklamasi ini dibacakan serta ditandatangani langsung oleh Brigjend Hasan Basri untuk mewakili seluruh rakyat Kalimantan Selatan di Kandangan," tegasnya.

Momentum Peringatan Harkitnas dan Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Marabahan bertambah khidmat dengan persembahan lagu Bagimu Negeri dan Satu Nusa Satu Bangsa oleh iringan Biola Renaldhi Dewantara. 

Sedangkan petugas upacara dari TNI Kodim 1005 dengan Pemimpin upacara Kapten Cba Joko Sutikno, Komandan upacara Lettu Inf Suhardi, pembaca sejarah singkat Proklamasi Serda Harmoko, pembaca teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Serma Dadang P dan pembaca pembukaan Undang-undang Dasar 1945 oleh Sertu Fauzi.

Tema Harkitnas “Bangkit untuk Indonesia Emas” diikuti oleh seluruh pejabat, pegawai Pemkab Batola, Gabungan TNI-Polri serta berbagai elemen organisasi kemasyarakatan. 

 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024