Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-120 Kodim Hulu Sungai Utara/Balangan (HSU-BLG), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggali potensi pertanian dan perikanan pada lahan rawa di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah.

Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Rabu, mengatakan pelaksanaan TMMD 120 berupaya mengembangkan usaha bidang pertanian, perikanan, hingga peternakan pada lahan rawa yang cukup luas terbentang di daerah itu.

“Kami menghadirkan narasumber yang ahli pada bidang pertanian, perikanan, dan peternakan, untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat Desa Sungai Karias,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat desa perlu dibekali pengetahuan dan wawasan yang luas untuk dapat mengembangkan berbagai potensi yang menghasilkan ekonomi pada lahan rawa lebak yang cukup luas di daerah tersebut.

“Sehingga nantinya masyarakat juga mampu meningkatkan produktivitas pada sektor ini,” tuturnya.

Letkol Gunantyo menjelaskan pada kegiatan penyuluhan, Satgas TMMD bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Satgas TMMD menghadirkan dua penyuluh pertanian, yakni Mursidah menyampaikan tentang budidaya lahan rawa, sedangkan Yossi Herwandi menyampaikan materi tentang budidaya ikan rawa dan keramba.

Ia berharap keterampilan masyarakat semakin baik dan meningkatkan dalam bertani, beternak, dan budidaya perikanan khususnya di lahan rawa sehingga nantinya taraf hidup masyarakat Desa Sungai Karias juga semakin sejahtera.

“Tentu TMMD 120 ini kami upayakan memberikan manfaat bagi masyarakat agar dapat menggali berbagai potensi lahan rawa yang ada di desa, khususnya pada sektor pertanian, peternakan, dan perikanan,” ujar Letkol Gunantyo.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024