Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) memastikan perizinan berkaitan imigrasi 5.759 jamaah calon haji di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin tuntas hingga tibanya waktu keberangkatan kloter pertama hari ini.

"Kami menempelkan stiker Immigration Clearance pada bus yang membawa jamaah ke Bandara Syamsudin Noor menandai semuanya telah memenuhi syarat keberangkatan ke luar negeri," kata Kepala Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman di Banjarbaru, Minggu.

Taufiqurrakhman menjelaskan sebelum pelaksanaan di Embarkasi Banjarmasin, semua teknis keberangakatan jamaah  hingga sampai di Bandara Syamsudin Noor telah clearance paspor seluruh calon jamaah di asrama haji.

Tim dari Pemeriksaan Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin melakukan pengecekan akhir saat jamaah akan berangkat hingga penyegelan bus jamaah dengan stiker "Immigration Clearance". 

"Petugas pun mencocokan kembali paspor dengan jamaah yang akan naik ke pesawat secara maksimal hingga selesai," jelasnya.

Taufiqurrakhman menyampaikan terima kasih atas kerja timnya dalam membantu jamaah calon haji.

Dia menyebut kerja sama dan sinergitas seluruh pemangku kepentingan terkait turut andil menyukseskan tahapan kesiapan keberangkatan jamaah.

"Semoga seluruh jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan mabrur," ucapnya.

Diketahui hari ini sebanyak 320 jamaah calon haji kloter I Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan ke Tanah Suci berasal dari Kabupaten Banjar.
Keberangkatan jamaah calon haji di Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru, Minggu (12/5/2024). (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024