Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Ketua PMI Pusat Bidang Sukarelawan Muhamad Muas SH  menyerahkan buku 70 tahun PMI mengabdi untuk Kemanusiaan dan Kemerdekaan kepada Danrem 101/Antasari Kolonel Kav Yanuar Adil,  di ruang kerjanya.

Dalam buku tersebut, dituliskan tentang sejarah, PMI yang didirikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 September 1945, diketuai oleh Wakil Presiden RI, Drs. M Hatta.

PMI adalah organisasi pertama yang didirikan, sebulan setelah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Yang tidak kalah pentingnya, keberadaan PMI sangat diperlukan bagi sebuah negara agar keberadaannya diakui secara internasional.

Dari fakta sejarah tersebut dapat dilihat dengan jelas bahwa PMI tidak dapat dipisahkan dari sejarah kemerdekaan Indonesia.

Dikatakan M. Muas SH, bahwa tujuannya dibuat buku tersebut untuk membangun bagaimana budaya bangsa ini melalui sejarah, orang

betul-betul karakter revolusi mentalnya bisa berjalan, diimbuhkannya pula bahwa sejarah perjuangan PMI dan TNI tidak bisa dipisahkan yang saat itu sama-sama merebut Kemerdekaan.

Buku Sejarah Palang Merah Indonesia sejak berdirinya baru dibuat untuk pertama kali ini setelah berusia 70 tahun. Dalam penyusunan buku tersebut banyak informasi dasar berbentuk foto, artikel, dan kliping yang digunakan. Dalam pengumpulan informasi ini PMI bekerjasama dengan berbagai pihak instansi terkait.


Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016