Sebanyak tujuh sekolah di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mengikuti Program Management Office (PMO).

"Tujuh sekolah penggerak tersebut yaitu TK Negeri Pembina Simpang Empat dan PAUD Terpadu TK-KB Sinar Harapan Satui," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Tanah Bumbu Dwi Teguh Effendi, di Batulicin.

Kemudian, SDN 3 Sarigadung, SDIT Dhia El Widad Sei Loban. SMPN 1 Kuranji, SMPN 2 Kusan Hulu dan SMPN 3 Kusan Hulu.

Effendi menyampaikan rasa bangga dengan ketujuh sekolah penggerak tersebut. Ia berharap agar sekolah penggerak nantinya bisa menjadi sekolah rujukan dan mengimbas ke sekolah lainnya di Bumi Bersujud. Karena Sekolah penggerak sebagai katalisator yang merupakan motor penggerak bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Sekolah Penggerak Tanah Bumbu, Sri Supadmi. Menambahkan keberhasilan sekolah penggerak sangat di tentukan oleh PMO di masing-masing level.

"Ketika PMO tidak berjalan, maka berpotensi pada kegagalan Program Sekolah Penggerak (PSP)," katanya.

Setiap bulan, sambungnya, untuk sekolah penggerak selalu di adakan PMO oleh Tim. Terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Komite Pembelajaran /KP, Pengawas. Dan di fasilitasi oleh Pelatih ahli atau Fasilitator yang di tunjuk oleh Balai Guru Penggerak (BGP) Propinsi /Pusat.

Adapun PMO level sekolah di rancang dan di laksanakan untuk membahas capaian sekolah. Target bulan depan, kendala/tantangan yang di hadapi, rencana tindak lanjut dan solusi penyelesaian masalah yang timbul.

Apabila sudah di dentifikasi dan di cari solusi dari permasalahan oleh tim ahli atau fasilitator tidak tercapai maka akan naik ke level daerah.

Pelatih ahli atau fasilitator akan melaporkan melalui aplikasi simpkb setelah di adakan PMO level daerah yang terdiri dari Pejabat penanggungjawab pelaksanaan PSP, dan staf yang di tunjuk.

Dalam acara PMO Level daerah tersebut juga di sampaikan himbauan dari BGP dan BPMP Propinsi Kalimantan Selatan. Agar Sekolah Penggerak terus berupaya untuk menaikkan level serta menyampaikan kendala yang di hadapi di lapangan.

Selain itu Tim ahli atau fasilitator juga pengawas sekolah menyampaikan hasil PMO untuk tiap sekolah dan tiap jenjang lewat laporan pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut dan refleksi dari masing-masing PSP.

Semua Kepala sekolah selaku pelaksana PSP juga di beri kesempatan untuk menyampaikan kendala serta tantangan yang di hadapi selama mengikuti program PSP. Setelah itu di tanggapi oleh BGP, BPMP dan Dinas pendidikan.

Perwakilan dari Dinas pendidikan, Kabid TK/PAUD, Mutawali mengatakan bahwa semua yang di laporkan oleh kepala sekolah dari masing-masing jenjang akan di sampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk di tindaklanjuti.

Harapannya dengan adanya PMO Daerah ini, semua kendala yang di hadapi oleh masing-masing sekolah penggerak. Baik tentang SDM, Sarpras juga sarana pendukung lainnya, suport dari Dinas pendidikan sangat di harapkan agar PSP bisa berjalan sesuai yang di programkan oleh Pemerintah.

Adapun PMO ini di di hadiri oleh pejabat dari BPMP dan BGP Propinsi Kalsel, juga Kabid SMP, Kabid TK dan Staf PTK Disdik, Pengawas TK, SD, Fasilitator dan Kepala Sekolah dari Tujuh Sekolah Penggerak.

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024