Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Seorang pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara, Riswanda Noor Saputra berhasil menyabet juara satu bidang Web Design pada Lomba Kompetensi Siswa se-Kalimantan Selatan.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Amuntai, Marjuki di Amuntai, Senin mengatakan, keberhasilan pelajar daerah dalam lomba LKS kategori mendesain laman Web patut dibanggakan.

"Tidak ada yang menduga pelajar daerah bisa juara dalam bidang iptek, Apalagi Riswanda masih kelas II yang seharusnya siswa kelas III yang diperuntukan mengikuti LKS namun hanya Riswanda yang memiliki kemampuan mengikuti kategori perlombaan ini, " ujar Marjuki.

Marjuki mengatakan, pelajar dari Kabupaten HSU berhasil mengungguli peserta dari Kota Banjarmasin yang meraih juara dua dan juara tiga diraih Siswa SMK dari Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan.

Ia menyebut, selain menerima hadiah berupa uang saku senilai Rp3 juta, sertifikat dan tropi dari Panitia LKS tingkat Provinsi Kalsel yang digelar di Kotamadya 

Banjarbaru kemaren, Riswanda juga menerima hadiah dari sekolahnya berupa Gratis biaya SPP sekolah selama setahun.

Selanjutnya, Riswanda tengah dipersiapkan pihak instruktur di Banjarmasin untuk mewakili Kalsel mengikuti LKS bidang Web Desaign ketingkat Nasional pada 2017.

Kedua orang tua Riswanda juga mengaku surprise atas prestasi yang diraih putra sulung mereka. Sang Ayah Erpiyanto yang bekerja di Bagian Humas Setda Hulu Sungai Utara (HSU) mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anaknya.

"Selama ini kami biarkan anak kami menekuni hobbinya didepan komputer, kadang seharian mengotak-atik internet, ternyata justru prestasinya lahir pada bidang Web Desaign ini," terang Erpiyanto.

Ia menurutkan, jika sebelumnya Riswanda sudah pernah mencoba mengikuti tes mengikuti lomba Web Desaign yang diselenggarakan lembaga pendidikan swasta yang berhasil masuk 13 besar tingkat nasional. Sayangnya karena lembaga ini bukan berasal dari Dinas Pendidikan sehingga orang tua Riswanda tidak mengijinkan anaknya meneruskan tes uji ketingkat berikutnya.

Sang ayah berharap ada perhatian dari Dinas Pendidikan Kabupaten HSU untuk mengapresiasi prestasi yang sudah diraih Riswanda anaknya, karena telah mewakili dan membawa nama harum Kabupaten HSU ketingkat nasional.


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016