Khatib Ustadz Muhammad dalam khutbah Jum'at mengingatkan kaum Muslim arti penting sadakah dan silaturahmi, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Silaturahmi dan sadakah itu sesuatu yang tidak pernah merugi," ujar Ustadz Muhammad dalam khutbahnya di Masjid Mujahidin Karatau Desa Murung A Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel), sebelum Shalat Jumat.

Khatib menyatakan, bahwa sebagaimana Firman Nya dan Hadits Rasulullah Muhammad Saw, Allah menjamin rezeki orang yang rajin bersedekah serta melakukan silaturahmi.

"Silaturahmi segera Allah balas pahalanya," tegas khatib di hadapan jamaah shalat Jumat Masjid Mujahidin Karatau (sekitar 171 km utara Banjarmasin atau enam kilometer dari Barabai, ibukota HST.

Ia menambahkan, sebagaimana Firman Allah dan Hadist Rasulullah Saw, bahwa sadakah dan silaturahmi memanjangkan umur serta terhindar dari segala bencana.

Oleh karena itu, dalam khutbah singkat atau khutbah pertama berdorasi lebih kurang lima menit menegaskan, bahwa bekerja bukan untuk nikmati sendiri, tetapi berbagi dengan orang tidak mampu.
 
Khatib Ustadz Muhammad saat khutbah di Masjid Mujahidin Karatau Desa Murung A (sekitar 171 km utara Banjarmasin) Kecamatan Batu Benawa - pinggiran Pegunungan Meratus HST Kalsel,.Jumat (12/4/2024). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Menyinggung silaturahim atau silaturahmi,.khatib menyatakan, bahwa silaturrahum tersebut bergantung di Arsy Allah SWT.

"Karenanya pula tidak perlu disangsikan soal silaturahmi. Sebab hal itu berdekatan dengan Allah SWT," demikian Ustadz Muhammad.

Sebagaimana khatib pada umumnya, Muhammad sebelumnya mengajak jamaah masjid agar menjaga serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sebagai bekal kehidupan di alam akhirat kelak.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024