Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan menyalurkan bantuan sosial beras daerah (Bansos Rasda) kepada 3.781 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) periode Januari-Februari 2024.

Kepala Dinsos Tabalong Rusmadi di Tabalong, Selasa, mengatakan jumlah KPM periode Januari-Februari 2024 meningkat dibandingkan periode yang sama 2023 yang mencapai 3.282 KPM.

Baca juga: Realisasi Penyaluran dana PKH di Tabalong capai Rp7,1 miliar

"Kita telah merealisasikan bansos rasda alokasi Januari dan Februari 2024 bagi 3.781 KPM tersebar pada 131 desa/kelurahan," kata Rusmadi.

Rusmadi menuturkan Pemkab Tabalong mendistribusikan bantuan sosial kepada 3.781 KPM berdasarkan hasil musyawarah desa/kelurahan dengan bantuan berupa 20 kilogram beras dan 12 butir telor itik per bulan.

Rusmadi mengungkapkan hasil musyawarah desa menunjukkan terjadi kenaikan jumlah warga  miskin di "Bumi Saraba Kawa" sebanyak 499 berdasarkan Surat Keputusan Kemiskinan Desa/Kelurahan Kabupaten Tabalong.

Rusmadi menambahkan mitra Pemkab Tabalong, yakni Perum Tabalong Jaya Persada bersama Lembaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (LKSK) dan fasilitator desa sebagai lembaga pekerja sosial masyarakat di bawah dinsos setempat menyalurkan bantuan pada 28 Maret-4 April 2024.

Baca juga: Ratusan Brilink Di Tabalong Siap Salurkan Bansos

Rusmadi menyebutkan pagu DPA Dinsos Kabupaten Tabalong 2024 untuk Bansos Rasda sebesar Rp16 miliar dan realisasi Anggaran Tahun 2023 mencapai Rp9,4 miliar.

"Hasil monitoring kualitas beras dan telor yang didistribusikan pihak Perumda ke Kantor Pemerintah Desa/Kelurahan berkualitas cukup baik dan bisa diambil langsung KPM," tutur Rusmadi.

Rusmadi pun mengapresiasi pihak Perumda, pemerintah desa/kelurahan dan pekerja sosial masyarakat yang membantu menyalurkan bansos kepada keluarga tepat sasaran.

Diketahui, Bansos Rasda merupakan program pemerintah daerah untuk meringankan beban warga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah.

Baca juga: Tabalong terima bantuan pusat untuk pengembangan kampung hortikultura

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024