Jalan longsor di Desa Kusambi Hulu RT.03, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan beberapa waktu belakangan sangat membahayakan pengendara yang melintas dari arah Paringin ke Kabupaten Hulu Sungai Utara maupun sebaliknya.

“Jalan raya di tempat kami ini mulai parah pada Juli 2023 lalu, yang mana mengakibatkan longsor sebagian jalan dan sangat membahayakan bagi pengendara yang melintas,” kata Kepala Desa Kusambi Hulu Taufiqurrahman di Kabupaten Balangan, Jumat.

Baca juga: GOW Balangan bagikan puluhan paket sembako untuk lansia

Menurut Kades Taufiq jalan yang longsor tersebut tidak hanya terjadi pada jalan raya, tetapi juga di permukiman warga yang berada di dekat bantaran sungai.

Taufiq menyebutkan banyak pengendara yang mengalami kecelakaan saat melewati jalan tersebut terlebih pada malam hari, karena kondisi jalan yang sudah rusak akibat adanya longsor.

Untuk itu Taufiq sangat berharap agar jalan di desanya ini segera diperbaiki oleh pihak yang berwenang dalam hal ini Pemprov Kalsel, serta untuk meminimalisir kecelakaan diharapkan adanya penerangan dari Dishub agar pengendara dapat berhati-hati saat melewati jalur tersebut.

Pada kesempatan yang sama salah satu Relawan Dua Serangkai, Rifanesha mengungkapkan pasca kecelakaan pihaknya bersama warga langsung bertindak cepat untuk menandai jalan yang rusak dan memberikan imbauan kepada warga.

Baca juga: Sahridin sulap Desa Balida jadi tujuan wisata dengan penghargaan nasional

“Kami langsung memberikan imbauan berupa plang hati-hati dan menandai jalan yang rusak  dengan cat warna putih, agar pengendara dari jauh sudah melihat jalan yang rusak ini,” ungkap Rifan.

Kepala Bidang Prasarana dan Keselamatan Dishub Balangan Rosma Hilda saat dikonfirmasi terkait penerangan, mengungkapkan untuk tahun ini akan dipasang penerangan jalan utama (PJU) di daerah tersebut.

“Tahun ini diterangi semuanya di daerah itu,” kata Hilda.

Terpisah, Kepala PUPR Provinsi Kalimantan Selatan Ahmad Solhan saat dikonfirmasi mengenai jalan rusak akibat longsor tersebut mengatakan silahkan dengan kepala bidang bina marga.

“Silahkan dengan kabid BM,” balasnya singkat.

Baca juga: Polsek Lampihong bagikan takjil kepada warga

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024