Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyerahkan penghargaan bagi pemenang PLN Journalist Awards tahun 2023 bertema Energi Ramah Lingkungan Membangun Keberlanjutan dan Tingkatkan Kesejahteraan.
 
Sebanyak 18 karya jurnalistik terbaik terpilih dari total sebanyak 1.120 karya yang ikut serta dalam ajang itu dan penyerahan penghargaan kepada para pemenang dilakukan Dirut di kantor PLN Pusat, Jakarta, Rabu (20/3).
 
"Apresiasi ini merupakan bukti kekompakan, kebersamaan, dan semangat yang sama antara PLN dan insan jurnalis seluruh Indonesia dalam memberikan informasi publik yang berkualitas," ujar Darmawan melalui keterangan tertulis PLN Unit Induk Distribusi Kalselteng di Kota Banjarbaru, Jumat.
 
PLN Journalist Awards merupakan lomba karya jurnalistik bagi insan pers yang digelar setiap tahun oleh PLN dan merupakan penghargaan keempat kalinya sejak tahun 2020 dengan karya yang dilombakan merupakan karya jurnalistik yang telah dimuat sepanjang tahun 2023.
 
Ajang lomba dibagi ke dalam enam kategori karya yakni Karya Tulis Hard News, Karya Tulis Feature, Karya Audio Visual Hard News, Karya Audio Visual Feature, Karya Foto Tunggal, dan Karya Foto Cerita.
 
Menurut Darmawan, selama ini jurnalis telah banyak membantu perseroan dalam memberi edukasi dan menyampaikan informasi upaya heroik PLN dalam menghadirkan energi bersih bagi masyarakat. 
 
Disebutkan, sepanjang 2023 berkat dukungan jurnalis, PLN mampu menghasilkan lebih dari 174 ribu pemberitaan yang dimuat lebih dari 4,5 ribu media dan PLN meraih 12 penghargaan dan dinobatkan jadi Best of the Best Communications dari Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024. 
 
"Semua itu bukan hanya prestasi PLN, tetapi adalah prestasi dari rekan-rekan jurnalis yang sudah mendukung pemberitaan PLN secara positif. Tentu saja menjadi tinta emas pejuang jurnalis yang sudah berjuang," ucap Darmawan.
 
Darmawan menuturkan, pihaknya dalam tiga tahun terakhir sudah melakukan transformasi proses bisnis, termasuk sektor komunikasi korporat sangat penting untuk menjembatani informasi perusahaan kepada publik.
 
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tiga dari kiri) didampingi Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra (kiri), dan Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto (dua dari kanan) foto bersama pemenang PLN Journalist Award 2023 kategori Karya Tulis Hard News. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
"Dulu, PLN jika ingin menyampaikan informasi ke media tidak terstruktur, terlalu teknis sehingga membuat rekan-rekan jurnalis kebingungan, selain itu juga kurang responsif. Kemudian saya minta ke tim lakukan transformasi. Sekarang, tim komunikasi PLN jauh lebih responsif, narasi akurat dan efektif sehingga hubungan dengan jurnalis juga semakin erat," ungkap Darmawan.
 
Semakin eratnya kolaborasi antara media dan PLN terbukti dari semakin bertambahnya karya jurnalis yang mengikuti ajang itu dimana tahun 2020, jumlah peserta hanya sekitar 406 karya, meningkat menjadi 1.120 karya pada 2023.
 
Sementara itu, PLN Journalist Award 2023, melibatkan dewan juri yang berkompeten di bidangnya yakni Pemimpin Redaksi Kumparan Arifin Asydhad, Pemimpin Redaksi Detik.com Alfito Deanova Ginting, Pemimpin Redaksi IDNTimes Uni Lubis, Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka Riky Handayani
 
Kemudian, Jurnalis Senior Budiman Tanuredjo, Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV Retno Pinasti, Direktur Konten dan Pemimpin Redaksi Narasi TV Zen RS, Fotografer Senior Arbain Rambey, Fotografer Senior Oscar Motuloh, Fotografer Senior Adek Berry.
 
Perwakilan Dewan Juri PLN Journalist Award 2023 Arifin Asydhad mengapresiasi kinerja PLN dalam menyelenggarakan Journalist Award empat tahun ke belakang. 
 
"Kami juga mengapresiasi PLN yang telah melaksanakan PLN Journalist Award 2023 karena program seperti ini akan bisa memacu teman-teman jurnalis berkarya lebih baik lagi, membuat karya jurnalistik yang lebih berkualitas lagi. Jadi, terima kasih kepada PLN," tuturnya. 
 
PLN pada acara itu menyerahkan penghargaan kepada para pemimpin redaksi media massa yang telah mendukung PLN mengedukasi dan menyampaikan informasi terkait pengembangan kelistrikan di Indonesia yang ramah lingkungan.
 
Berikut daftar pemenang PLN Journalist Award 2023:
 
Karya Tulis Hard News 
Juara I Anton Chrisbiyanto dari Sindonews.com, Juara 2 M Taufik Budi Nurcahyanto (Okezone.com) dan Juara 3 Agus Pujianto dari Tribun Pontianak
 
Karya Tulis Feature Juara I Ismail Zakaria dan Aditya Putra Perdana dari Harian Kompas/Kompas.ID, Juara II Khairul Anam dari Majalah Tempo dan Juara III Ema Fitriyani dari Kumparan
 
Karya Audio Visual Hard News Juara I Gancar Wicaksono dari CNN Indonesia, Juara II Ryan Rahman dari Inews TV dan Juara III Ramaluddin – Kompas TV.
 
Juara I Karya Audio Visual Feature Satriyo Adi Wicaksono dari CNN Indonesia, Juara II Lintang Pudyastuti dari Kompas TV dan juara III Kenia Gusnaeni, Sekar Larasati, Sri Asih Rizky, Rivan Wahyu dari Rajawali TV.
 
Karya Foto Tunggal Juara I diraih Arie Basuki dari Merdeka.com, Juara II yakni Rizki Syahputra dari Rakyat Merdeka dan Juara III diraih Nyoman Hendra Adhi Wibowo dari Antara Foto.
 
Sedangkan Karya Foto Cerita untuk 
Juara I diraih Raisan Al Farisi dari Antara Foto, Juara II Muchtamir dari SindoMakassar.com dan Juara III berhasil diraihDhana Kencana dari IDN Times.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024