Khatib Ustadz Haji Rifani dalam khutbahnya di Masjid Al Muttaqien Pekauman Banjarmasin menyatakan segala kehidupan dunia tidak terlepas dari Al Qur'an.

"Karena isi atau kandungan Al Qur'an mengandung hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan dunia serta akhirat," ujar Ustadz Rifani dalam khutbahnya sebelum Shalat Jumat.

Oleh sebab itu, mengajak kaum Muslim atau jamaah Masjid Al Muttaqien tersebut khususnya agar rajin membaca serta mempelajari Al Qur'an.

"Terlebih pada Ramadhan atau bulan Allah turunkan Al Qur'an. Rasulullah Muhammad Saw sendiri pada bulan puasa Ramadhan sering membaca Al Qur'an," ujar khatib.

Ia menambahkan, memang ada usaha untuk mengubah Al Qur'an dari pihak atau kelompok tertentu agar tidak sesuai lagi dengan aslinya Kalamullah tersebut.

"Namun. Allah menyatakan, Allah yang menurunkan dan Allah pula yang menjamin keasliannya, sebagaimana firman Allah sendiri dalam Al Qur'an," kutip khatib Rifani.

Pada kesempatan itu pula, khatib mengutip Hadits Rasulullah Saw yang menyatakan, bahwa niscaya engkau tidak akan tersesat kalau tetap berpegang teguh pada Al Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad Saw.

"Dengan Al Qur'an Insya terhindar dari segala bentuk atau macam perbuatan ma'siat," lanjut khatib dalam khutbah pertama berdorasi sekitar lima menit.
 
Ustadz H Rifani saat khutbah di Masjid Al Muttaqien Pekauman Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat (22/3/2024). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Mengawali khutbah, khatib tidak lupa mengajak atau mengingatkan jamaah Shalat Jumat agar senantiasa menjaga serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya.

"Sebab dengan iman dan taqwa bekal hidup dan kehidupan di alam akhirat kelak," demikian Ustadz H Rifani.

Akhir khutbah, khatib membaca Surah Al Baqarah ayat (183) yang menyeru orang-orang beriman untuk berpuasa sebagaimana orang-orang terdahulu lakukan.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024