Anggota Kepolisian Resor Tanah Bumbu Polda Kalimantan Selatan, terus mengedepankan cara bertindak preemtif berupa imbauan dan pendekatan serta preventif atau upaya pencegahan saat melakukan kegiatan patroli malam selama Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya di Batulicin, Jumat, mengatakan polisi melakukan patroli di seluruh wilayah yang rawan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Baca juga: "Macan" Tanah Bumbu gulung delapan pelaku pembunuhan asal Martapura

"Anggota yang bertugas lebih mengedepankan tindakan preemtif serta preventif terhadap masyarakat yang berada di keramaian saat malam hari," kata Arief.

Arief didampingi Kasi Humas IPTU Jonser Sinaga menerangkan sasaran kegiatan patroli malam meliputi lokasi Batulicin Festival, lingkungan Bandara Bersujud kawan Gedung Kapet, sepanjang Jalan lingkar 30, lingkungan dan jalan Perumahan Haji Tare dan Jalan Transmigrasi KM8 dan KM16.

Baca juga: Mahasiswa miliki 594,32 gram sabu dan 59 ekstasi di Tanah Bumbu

Cara bertindak mengedepankan preemtif dan preventif tetapi jika ada pelanggaran yang fatal dan membahayakan membahayakan petugas maupun orang lain maka akan ditindak sesuai aturan dan ketentuan berlaku.

Dicontohkan Arif, seperti anggota Samapta Polres Tanah Bumbu saat melakukan patroli di tempat keramaian malam dan tempat yang berpotensi rawan Kejahatan mendapati satu orang membawa senjata tajam tanpa izin.

"Yang bersangkutan bersama barang bukti langsung diamankan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Karena membawa senjata tajam tampa izin dikhawatirkan akan disalahgunakan dan dapat membahayakan orang lain," tegasnya.

Baca juga: Polres Tanah Bumbu ringkus pengedar narkoba

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024