Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah didampingi beberapa pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) meninjau harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar terpadu.

Di pasar terpadu, Hermasnyah menyapa para pedagang dan pembeli sembari bertanya mengenai harga, sekaligus memeriksa kualitas serta ketersediaan bahan pokok.

"Kita meninjau langsung terkait harga-harga bahan pokok, Alhamdulillah kebutuhan bahan pokok walaupun ada kenaikan tapi tidak terlalu signifikan," kata Hermansyah di Kandangan, Senin.

Baca juga: Ketua TP PKK HSS tinjau pasar murah dan bagian bansos

Dijelaskan dia, memang ada sedikit kenaikan pada minyak curah, kemudian Dinas terkait akan melihat perkembangan dan penanganan.

Apabila terjadi kenaikan semakin tinggi, Hermansyah menyebutkan Pemkab HSS akan mengintervensi melalui operasi pasar untuk minyak curah.

"Harga beras masih relatif stabil, kemudian harga-harga ikan basah, cabe dan sebagainya masih relatif murah dan masih terjangkau," ujarnya.

Pihaknya ingin harga-harga kebutuhan pokok ini terus dipantau, juga berharap ke depan tidak ada kenaikan yang signifikan.

Hermansyah mengungkapkan pemantauan langsung tersebut agar dapat memberikan gambaran yang akurat mengenai kondisi harga kebutuhan pokok di pasaran.

Kemudian, dapat menentukan langkah-langkah strategis yang diambil, apabila ditemukan adanya gejala tidak stabil harga atau kelangkaan bahan pokok.

Baca juga: Pemkab HSS berencana subsidi BBM bagi pedagang sayur guna tekan inflasi

“Kegiatan pemantauan harga kebutuhan pokok, sejalan dengan upaya pemerintah, untuk menjaga inflasi tetap terkendali, serta memastikan ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok bagi masyarakat," terangnya.

Menurut dia, hal ini agar dapat memberikan rasa aman dan kepastian bagi masyarakat, terutama dalam menghadapi dinamika ekonomi yang tidak pasti.

Hermansyah memastikan pemerintah daerah melakukan langkah nyata untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok, serta melindungi kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024