Realisasi pendapatan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan tahun anggaran 2023 mencapai Rp2,4 triliun atau 109,82 persen dari rencana yang dianggarkan sebesar  Rp2,1 triliun. 

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan capaian ini mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri sebagai kabupaten dengan Kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi se-Indonesia pada ajang APBD Award Tahun 2023.

Baca juga: Polres Tabalong selidiki penyebab kebakaran hanguskan belasan rumah

"Secara komprehensif kinerja pembangunan tahun 2023 meningkat terbukti dengan realisasi pendapatan hingga Rp2,4 triliun," jelas Anang saat menyampaikan LKPj 2023 dalam rapat paripurna DPRD Tabalong di Tanjung, Kabupaten Tabalong, Jumat.

Dalam LKPJ 2023 juga disampaikan 
realisasi belanja sebesar Rp2,2 triliun dari rencana belanja Rp2,6 triliun.

Realisasi penerimaan daerah tahun 2023 sebesar Rp495,3 miliar atau sebesar 100 persen dari rencana penerimaan setelah APBD perubahan.

Penerimaan daerah pada tahun 2023 merupakan penggunaan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) dan Penerimaan Pinjaman Daerah. 

Baca juga: Jurni terpilih sebagai legislator untuk kelima kalinya

Sedangkan untuk realisasi pengeluaran daerah tahun 2023 sebesar Rp42,7 miliar atau 97,93 persen dari rencana pengeluaran daerah setelah perubahan sebesar Rp42,6 miliar.

Pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tabalong ke-3 masa sidang tahun 2024 dalam rangka penyampaian LKPj 2023 terkait laporan APBD Kabupaten Tabalong dan kinerja keuangan.

Pada kesempatan yang sama Anang menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran DPRD Kabupaten Tabalong yang sudah bermitra dalam pembangunan selama 10 tahun dirinya  menjabat sebagai kepala daerah.

Sebelumnya LKPJ 2023 telah dibahas masing-masing fraksi di DPRD Kabupaten Tabalong dan setelah itu ada catatan rekomendasi yang biasanya sangat berguna untuk perbaikan pelaksanaan. 

Dia juga menambahkan pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tabalong memperlihatkan pertumbuhan yang positif dari tahun ke tahun.

Termasuk angka harapan hidup di Kabupaten Tabalong dari tahun 2019 hingga 2023 terus mengalami peningkatan. 

Sementara itu keberhasilan program pendidikan di Kabupaten Tabalong ditunjukkan dengan angka harapan lama sekolah yang juga selalu mengalami peningkatan.

Baca juga: Pertumbuhan ekonomi Tabalong capai 4,9 persen

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024