Ketua DPRD Balangan, Kalimantan Selatan Ahsani Fauzan mengatakan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan sebuah acuan untuk pembangunan.

“Alhamdulillah beberapa waktu lalu Musrenbang telah selesai kita gelar, puluhan bahkan ratusan usulan disampaikan secara langsung oleh masyarakat mulai dari Musrenbang tingkat desa hingga kabupaten,” kata Ahsani Fauzan di Kabupaten Balangan, Rabu.

Ahsani Fauzan menuturkan bahwa pelaksanaan Musrenbang bukan hanya sekadar seremoni tetapi rembug masyarakat untuk pembangunan di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh gelar musrenbang libatkan partisipasi perempuan

Oleh karena itu lanjut Ahsani Fauzan, Musrenbang ini haruslah menjadi acuan bersama dalam hal pemerataan pembangunan khususnya di Kabupaten Balangan.

“Usulan-usulan yang telah disusun dan direncanakan nanti akan menjadi acuan untuk pembangunan, diharapkan usulan yang prioritas agar terpenuhi pemerataan pembangunan di setiap wilayah," ujar Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan yang juga politisi Golkar tersebut.

Ahsani Fauzan menambahkan hasil Musrenbang itu adalah hal wajib dijadikan sebagai bahan dan dasar dari penganggaran, karena hal ini penting supaya semangat dari anggaran itu memang menjawab kebutuhan masyarakat bukan atas dasar dari keinginan pemerintah daerah semata.

Terakhir dia berharap tujuan dan hasil pelaksanaan Musrenbang itu ditegakkan partisipasi warga sangat diharapkan, karena pembangunan yang sebenarnya adalah aspiratif. 

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah gelar Musrenbang RPJMD 2025-2045

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024