Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan pada 2024 ini  menganggarkan sekitar Rp6 miliar untuk mengatasi daerah yang masuk kategori blank spot atau tanpa sinyal.

“Untuk mengatasi atau mengentaskan daerah yang termasuk kategori blank spot di Kabupaten Balangan, pada tahun ini kita menganggarkan kurang lebih sekitar Rp6 miliar,” kata Kepala Diskominfosan Balangan Muhammad Noor di Kabupaten Balangan, Senin.

Muhammad Noor menuturkan pada tahun 2023 lalu masih banyak daerah yang masuk kategori blank spot, terutama pada daerah terpencil atau anak desa.
Kepala Diskominfosan Balangan Muhammad Noor (kanan) saat mengecek lokasi pembuatan menara triangle di Desa Hamparaya, Kecamatan Batumandi beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Diskominfosan Balangan


Muhammad Noor membeberkan contoh daerah yang masih terdapat blank spot yaitu di Kecamatan Tebing Tinggi, di Desa Langkap anak Desa Raranum dan Desa Mayanau anak Desa Panikin.

Kemudian di Kecamatan Halong Desa Libaru Sungai dan Kecamatan Awayan di Desa Tundakan Bayur serta beberapa daerah lainnya.

M Noor melanjutkan pada anggaran murni 2024 pihaknya sudah menganggarkan untuk mengatasi blank spot tersebut yaitu dengan memasang menara triangle jaringan internet sebanyak 29 titik yang dipasang.

“Yang dipasang yaitu pada kantor desa, sekolah dan pelayanan kesehatan, proses pemasangan ini insyaAllah April setelah lebaran Idul Fitri,” bebernya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Aplikasi Informatika Diskominfosan Balangan Murdiansyah, menambahkan pada 2024 ini juga pihaknya akan melakukan sejumlah perbaikan terhadap sejumlah triangle jaringan internet yang sudah dibangun sebelumnya.

Murdiansyah menyebutkan tahun ini pihaknya juga melakukan perbaikan, namun terlebih dahulu akan dilakukan pengecekan fisik ke titik lokasi triangle jaringan internet yang sudah dibangun.

“Saat ini kita akan memperbaiki tingkat kecamatan dulu sebelum masuk ke desa, salah satunya di Kecamatan Tebing Tinggi karena itu merupakan sumber terminal jaringan internet dari Diskominfosan ke daerah Tebing Tinggi untuk membagi ke desa-desa,” sebut Dian sapaan akrabnya.

Dian menambahkan untuk pemasangan triangle jaringan internet biasanya di kantor desa, namun jika ada anak desa cukup jauh dari pusat kantor desa dan terdapat banyak penduduk maka akan dipasang, terlebih jika di anak desa terdapat sekolah atau fasilitas kesehatan juga akan dipasang.

Sebagai contoh yaitu pada SDN Ajung Kecamatan Tebing Tinggi untuk sekolah, dan Puskesmas Tanah Habang Kecamatan Lampihong untuk pelayanan kesehatan.

Terakhir Dian menegaskan untuk semua triangle jaringan internet yang rusak di wilayah kecamatan atau desa semuanya diperbaiki tahun 2024 ini.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024