Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan mengimbau pengendara mewaspadai kondisi jalan saat melintasi jalur  Mentewe menuju Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Selatan dan sebaliknya, meskipun telah normal kembali usai terjadi longsor.

"Sebelumnya Jalan Mentewe Desa Gunung Raya KM 74 Kabupaten Tanah Bumbu menuju Kabupaten Banjar dan Hulu Sungai Selatan sempat terjadi longsor pada Kamis sekitar pukul 02.00 Wita," kata Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu Sulhadi di Batulicin Kamis.

Baca juga: BPBD: Polsek Mentewe bersiaga di lokasi longsor Km66-67

Namun, Sulhadi menyebutkan kondisi jalan tersebut sudah normal kembali dan kendaraan roda dua maupun roda empat bisa melintas.

Sulhadi mengungkapkan hujan lebat mengakibatkan tanah longsor setinggi 10 meter di Jalan Mentewe sehingga mengganggu arus lalu lintas yang menuju Kabupaten Banjar dan Hulu Sungai Selatan (HSS) atau sebaliknya.

BPBD Tanah Bumbu ber koordinasi dengan pihak desa dan kecamatan serta pihak perusahaan untuk membuka akses jalan yang tertimbun longsor menggunakan alat berat.

Baca juga: BPBD Tanah Bumbu verifikasi data longsor susulan

"Alhamdulillah kini jalan tersebut sudah bisa difungsikan kembali," ungkap Sulhadi didampingi Kepala Sub Bidang Kedaruratan Bencana BPBD Tanah Bumbu Mukhtar Halim.

Meski sudah bisa dilewati, Sulhadi meminta masyarakat tetap waspada dan berhati-hati saat melintasi jalan tersebut karena kondisi licin dan rawan terjadi longsor susulan.

Dia mengingatkan pengendara mengutamakan keselamatan diri dan pengendara lain dengan memperhatikan peta jalan dan jangan melebihi batas kecepatan normal saat berkendara.

"Bencana longsor yang terjadi pada Kamis tidak ada korban jiwa, karena lokasi kejadian jauh dari pemukiman penduduk," tutur Sulhadi.

Baca juga: Tanah Bumbu bantu warga terdampak longsor di Kecamatan Satui
 
Petugas membersihkan jalan akibat longsor di Jalan Mentewe Desa Gunung Raya KM 74 Kabupaten Tanah Bumbu menuju Kabupaten Banjar dan Hulu Sungai Selatan, Kamis (7/3/2024). (ANTARA/HO-BPBD Tanah Bumbu)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024