Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Tanah Bumbu, melakukan verifikasi data bencana longsor susulan di  Jalan Nasional KM 171 Kecamatan Satui.

Kepala pelaksana BPBD Tanah Bumbu Sulhadi, di Batulicin Selasa mengatakan, Jalan Nasional KM 171 di Kecamatan Satui merupakan jalan utama yang menghubungkan Kota Banjarmasin-Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

"Kejadian longsor jalan nasional di titik km 171 Kecamatan Satui terjadi pada 28 September 2022. Diperkirakan karena kondisi jalan sudah labil sehingga jalan tersebut tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda empat," katanya.

Ia mengatakan, pada Jum'at 07 Oktober 2022 sekitar pukul 10.00 wita terjadi longsor susulan di lokasi yang sama, sehingga jalan tersebut tidak dapat difungsikan sama sekali.

Agar masyarakat dapat melakukan aktifitas seperti biasa, maka pemerintah daerah telah melakukan pembangunan jalan alternatif sepanjang 2,5 kilomater.

"Bagi Kendaraan roda enam atau lebih yang datang dari Banjarmasin menuju Tanah Bumbu dapat melewati jalan simpang empat Sompul menuju jalan Houling HB.Putra, keluar di simpang tiga atau underPass H. Abidin," ujar Sulhadi.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat dari arah Batulicin masuk Gang Munawar Desa Sinar Bulan menuju jalan Houling HB.Putra, keluar di Simpang tiga Desa Jombang.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022