Pemerintah Kabupaten Barito Kuala Kuala (Batola) Provinsi Kalimantan Selatan kembali meraih penghargaan Adipura 2023 Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Sebuah kolaborasi di Batola mampu mendapatkan Adipura Kota Bersih," kata Penjabat Bupati Batola Mujiyat saat dikonfirmasi di Marabahan, Kabupaten Batola, Rabu.

Baca juga: DLH Batola: Program Adipura mendorong partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha

Mujiyat mengatakan penghargaan Adipura tersebut merupakan keberhasilan dari seluruh pemangku kebijakan dan elemen masyarakat.

Penghargaan Adipura, menurut dia, sebagai penganugerahan piala kepada daerah tingkat kabupaten atau kota se-Indonesia dengan salah satu kriteria terkait kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup.

Mujiyat menyebutkan Kabupaten Barito Kuala tercatat telah meraih Penghargaan Adipura sebanyak empat kali pada 2017, 2018, 2022 dan 2023.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menginginkan kualitas lingkungan yang berkelanjutan serta dapat terus diperkaya melalui ragam inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dengan dinamika zaman.

Wapres Ma'ruf juga meminta agar esensi program Adipura senantiasa terjaga untuk memastikan keterlibatan berbagai elemen terutama kinerja pemerintah hingga peran serta masyarakat mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Penjabat Bupati Batola dan Forkopimda gelar kirab Piala Adipura 2022

Kegiatan tersebut, ujar Wapres, juga merupakan keberhasilan program dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan untuk tujuan kepemimpinan dan komitmen pemerintah Kabupaten dan kota.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya menyebutkan kegiatan tersebut membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menyelaraskan pertumbuhan ekonomi hijau.

Selain itu, ungkapnya, sebagai fungsi sosial dan fungsi ekologis dalam pembangunan kota berkelanjutan.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup Alue Dohong menyerahkan penghargaan tersebut kepada Mujiyat didampingi Sekretaris Daerah Batola Zulkipli Yadi Noor dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Kuala Rusmadi.

Baca juga: Pemkab Batola kembali raih Piala Adipura ketiga kali

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024