Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) memastikan stok pangan tercukupi selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Dapat kami pastikan untuk stok pangan kita tercukupi selama bulan Ramadhan hingga Idulfitri nanti,” kata Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan  Kabupaten Balangan Mukhlis di Balangan, Senin.

Baca juga: Disdag HSS: Stok bahan pokok aman jelang puasa dan Idul Fitri

Mukhlis menambahkan semua komoditas pangan aman bahkan beberapa mengalami surplus, serta untuk stok beras pada gudang logistik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah mencapai 40 ton yang mana distribusinya terkendali.

Sementara itu Kabid Ketahanan Pangan DKP3 Balangan Neneng Jamilah, mengungkapkan ada beberapa komoditas yang perlu diwaspadai karena adanya fluktuatif seperti daging ayam, telur dan cabai.

“Untuk telur ini bergantung pada harga ayam, untuk cabai karena belum ada produksi jadi harus pasok dari luar,” ungkap Neneng.

Kepala Bidang Standarisasi, Stabilisasi dan Pengawasan Perdagangan Disperindag Balangan Riza Kurniawan, menyebutkan bahwa saat ini harga bahan pokok di pasaran masih stabil meskipun ada juga beberapa yang tinggi.


Riza menjelaskan untuk harga pokok yang lumayan tinggi yaitu mulai dari bawang, telur ayam cabai dan beras dapat dibilang masih tinggi tapi masih normal tidak ada yang naik drastis.

Baca juga: Stok beras di Tanah Bumbu cukup hingga satu bulan ke depan

“Kenaikan harga ini bisa terjadi sewaktu-waktu karena ketergantungan pasokan dari luar, dan pola konsumsi beras masyarakat cenderung dominan memakai produk beras yang panen setahun sekali seperti Siam, Unus, dan Mayang,” jelas Riza.

Diketahui berdasarkan pantauan harga di lapangan, harga bawang merah mencapai Rp30 ribu per kilogram, minyak kemasan Rp18 ribu per liter, telur ayam Rp33 ribu per kilogram serta beras lokal kisaran Rp50-60 ribu per kilogram.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024