Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Mahasiswa di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan ikut mensosialisasikan Generasi Berencana atau genre kepada para pelajar dan mahasiswa.


Pelaksana tugas Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Anisah Rasyidah Wahid di Amuntai, Rabu mengatakan, pihaknya dibantu duta mahasiswa melaksanakan sosialisasi genre.

"Sasaran kita adalah para pelajar dan mahasiswa disejumlah lembaga pendidikan, sehingga sangat pas jika disampaikan melalui nara sumber dari kalangan seusia mereka yang berasal dari mahasiswa yang jadi duta Genre serta pengurus PIK remaja, " ujar Anisah.

Anisah mengatakan, materi Genre ini tidak diberikan disekolah atau perguruan tinggi sehingga perlu disosialisasikan kepada pelajar dengan harapan ketika lulus sekolah tidak menikah diusia muda.

Dikatakan, para duta mahasiswa yang berjumlah delapan orang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan bahkan menjuarai lomba genre di tingkat nasional, sehingga fasih dan lancar dalam menyampaikan materi sosialisasi kepada pelajar dan mahasiswa.

Anisah yang membuka Sosialisasi Genre di SMK Babirik belum lama ini mengatakan, perlahan tapi pasti kebiasaan orang tua didesa yang menikahkan anak diusia muda bisa dipupus melalui kegiatan sosialisasi Genre kepada para pelajar dan mahasiswa.

Salah seorang duta mahasiswa, Yuliana mengatakan melalui sosialisasi ini para pelajar dan mahasiswa diperkenalkan pada salam tiga jari Genre  yang artinya menghindari menikah nikah usia muda, seks sebelum nikah dan penyalahgunaan narkoba.

"Dengan menunda nikah muda bisa melakukan perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan keluarga kecil dan sejahtera," katanya.


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016