Sekreataris Daerah Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan H Said Akhmad menyerahkan surat keterangan melek aksara (Sukma) program pendidikan keaksaraan dasar kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabaru.

“Pendekatan humanis yang dilakukan oleh Kalapas Kotabaru dan jajarannya telah berhasil membuat pembinaannya berjalan sangat baik. Salah satunya pemberantasan buta aksara, ini membantu program Pemda dalam program pemberantasan buta aksara," katanya di Kotabaru, dilaporkan Jumat.

Sekda mengaku selalu siap membantu apa yang diperlukan untuk mendukung program pembinaan yang ada di Lapas Kotabaru.

Sebanyak 20 warga binaan yang berhak menerima surat keterangan melek aksara program pendidikan keaksaraan dasar selama Tahun 2024 yang telah menjalani Ujian Keaksaraan Dasar.

Progaram ini telah berlangsung sejak Lapas Kotabaru dipimpin oleh Yosef Yembise pada awal Tahun 2022.
Sejak Tahun 2022 sampai 2023 Program ini telah meluluskan 119 Warga Binaan dari Buta Aksara.

Kepala Lapas Kotabaru Yosef Benyamin Yembise, mengukapakan, Lapas Kotabaru komitmen penuh untuk memanusiakan manusia lewat berbagai kegiatan pembinaan yang terbaik untuk warga binaan nya. 

“Kami selalu berupaya melakukan pembinaan yang terbaik. Salah satunya pemberantasan buta aksara ini. Hal ini juga membantu pemerintah untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang sudah di amanatkan oleh UUD 1945,” ujarnya.

Ia juga berterimakasih kepada Pemkab Kotabaru yang telah berkesempatan hadir untuk menyerahkan surat keterangan melek aksara program pendidikan keaksaraan dasar kepada warga binaan kami dan tamu undangan lainnya yang ikut serta hadir dalam acara ini.

Selain penyerahan surat keterangan melek aksara program pendidikan keaksaraan dasar, Sekda juga membuka kegiatan pelatihan bahasa isyarat yang diikuti oleh Pegawai Lapas Kotabaru dan warga binaannya.

Iwan salah satu warga binaan yang menerima Surat Keterangan Melek Aksara merasa terharu dan bahagia dengan program yang ia jalani bersama teman2nya karrna diluar sugaan dia dan teman2nya dapat membaca dan menulis. Iwan dan teman-temanya juga mengucapkan terimakasih kepada "Ayah" mereka yaitu Pak Yosef (Kalapas Kotabaru) dan jajaran atas terlaksanakanya program ini.
 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024